Ansory, Wahid (2009) Strategi pemasaran PT Etno Mitrapustaka dlm meningkatkan penjualan buku import periode 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Strategi komunikasi pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam mengenalkan, menginformasikan dan memasarkan produk kita kepada konsumen. Agar kita dapat mengetahui strategi mana yang cocok dengan produk, salah satu medianya adalah buku-buku yang bermutu baik dari segi materi, sistematika dan cara pembahasan yang menarik. Dari pemahaman tersebut PT. Etno Mitrapustaka hadir dengan buku-buku import dengan kualitas terbaik dengan standar internasional. Sekitar 5000 lebih jenis dan judul buku sudah terjual dipasaran, dalam perkembangannya kurang lebih selama 19 tahun (1990-2009) PT. Etno Mitrapustaka dapat terus eksis sebagai distributor buku-buku import. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT.Etno Mitrapustaka dalam meningkatkan penjualan buku import, untuk mempermudah penelitian penulis hanya melakukan penelitian di Jakarta dengan mempersempit waktu penelitian dari bulan April hingga Maret 2008. Kerangka pemikiran terdiri dari tahap-tahap strategi komunikasi pemasaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian yang digunakan untuk membahas mengenai komunikasi pemasaran serta konsep komunikasi sebagai salah satu kegiatan pemasar seperti: marketing mix, analisa SWOT, STP, dan elemen-elemen promosi lainnya. Sifat penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif yang hanya terbatas pada bahasan untuk menggambarkan suatu masalah, keadaan atau peristiwa secara objektif, sistematis dan cermat sebagaimana adanya suatu keadaan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan data yang diberikan oleh perusahaan Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan PT. Etno Mitrapustaka menggunakan pull strategi, dan strategi ini membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Etnobook selama periode tahun 2008 dan hampir semua elemen-elemen promosi dipakai demi meningkatkan penjualan, seperti advertising (melalui iklan disurat kabar, brosur, spanduk banner, dan flayer) sales promotion ( diskon, sampel produk, dan voucher) publicity ( event-event, pameran) dan direct response ( telemarketing, byphone, email blass, dan fax)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 09 056 |
Call Number: | SK/09/506 |
NIM/NIDN Creators: | 04303-025 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Nov 2009 15:17 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 06:58 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25035 |
Actions (login required)
View Item |