STUDI KOMPARASI KEPUASAN KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMARET DI KACAMATAN PADEMANGAN

DWIJAYANTI, NOVITA (2011) STUDI KOMPARASI KEPUASAN KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMARET DI KACAMATAN PADEMANGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar domestic (nasional) maupun di pasar internasional/global. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada pelanggannya, Misalnya dengan memberikan produk yang mutunya lebih baik, harganya lebih murah, penyerahan produk yang lebih cepat dan pelayanan yang lebih baik daripada para pesaingnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan tingkat kepuasan antara konsumen Indomaret dan konsumen Alfamart terhadap lokasi, pelayanan, produk, promosi, dan harga yang mempengaruhi sikap para pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbedaan kepuasan konsumen Indomaret dan Alfamart serta untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbandingan tingkat kepuasan konsumen Indomaret dan Alfamart terhadap lokasi, pelayanan, produk, promosi, dan harga dalam memilih tempat berbelanja yang paling memuaskan. Penelitian ini dilakukan pada minimarket Indomaret dan Alfamart yang berlokasi di kecamatan Pademangan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada minimarket Indomaret dan Alfamart, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus literasi sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t berpasangan dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian setelah diadakan pengujian dengan uji-t secara parsial dari masing-masing variabel ditemukan pengaruh yang signifikan sebesar 0,002 berada dibawah level of significance yang digunakan (α =0,05) sehingga tolak Ho. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat kepuasan konsumen Indomaret dan Alfamart pada komponen lokasi, pelayanan, kelengkapan produk yang ditawarkan, harga dan promosi. Besarnya perbedaan tingkat kepuasan konsumen Indomaret dan konsumen Alfamart terhadap lokasi, harga, promosi, dan pelayanan sebesar 0,002 yang menunjukan tolak Ho di bawah level of significance yang digunakan (α =0,05). Saran yang diberikan dalam penelitian ini diantaranya: 1. Display depan minimarket Indomaret dan Alfamart dibuat lebih menarik. 2. Persediaan barang pada minimarket Indomaret dan Alfamart agar dapat disajikan dengan lebih terencana. 3. every day low price tidak berguna jika itu didengungkan dalam iklan dan promosi saja oleh karena itu di dalam gerai Indomaret dan Alfamart pada saat konsumen berbelanja hal tersebut benar-benar terbukti. 4. Minimarket Indomaret dan Alfamart harus dapat mengendalikan biaya-biaya. 5. Indomaret dan Alfamart dalam memberi pelayanan harus lebih ramah dan sigap. 6. Disain tampilan minimarket Indomaret dan Alfamart sebaiknya ada perubahan tema perperiode tertentu. 7. Untuk meneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain dan organisasi perdagangan atau minimarket lain sebagai pembanding agar didapat hasil yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 11 068
Call Number: STI/16/11/012
NIM/NIDN Creators: 41606110018
Uncontrolled Keywords: Kepuasan konsumen (lokasi, pelayanan,kelengkapan produk,harga,promosi) minimarket, indomaret, Alfama
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2011 16:03
Last Modified: 22 Apr 2024 02:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item