KINANTI, NINDYTA ARIH (2011) EVALUASI SISTEM ANTRIAN GERBANG TOL PLUIT 1 PT CITRA MARGA NUSAPHALA PERSADA TBK DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI PROMODEL 7.5. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text (BAB VI)
8. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Hal Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
Abstract
Jalan tol dalam kota menghubungkan pusat-pusat bisnis vital kota Jakarta. Keberadaannya diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh, sehingga kegiatan bisnis maupun kegiatan masyarakat lainnya dapat berkembang dengan lancar dan cepat. Namun hal tersebut tidak terjadi pada Gerbang Tol Pluit 1. Karena pada gerbang tol tersebut terdapat antrian kendaraan yang cukup panjang. Antrian panjang ini disebabkan oleh tingkat kedatangan kendaraan yang melebihi kapasitas gerbang. Berbagai usaha akan dilakukan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. untuk mengatasi masalah antrian panjang ini seperti memperbanyak gardu pembayaran. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah memperoleh jumlah gardu yang tepat untuk melayani pelanggan pada jam sibuk. Data yang dikumpulkan dan diolah dalam penelitian ini adalah data waktu antar kedatangan kendaraan dan waktu pelayanan kendaraan. Data diuji secara statistik untuk mengetahui kecukupan data sampel dan distribusinya dengan menggunakan SPSS 17.0. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dibuat model antrian dari persoalan, kemudian dibuat simulasinya menggunakan ProModel 7.5. Dari hasil simulasi dapat diketahui panjang antrian dan waktu antrian dari skenario I (2 gardu paralel), skenario II (3 gardu paralel), skenario III (4 gardu paralel), skenario IV (3 gardu (1 gardu tandem)) dan skenario V (4 gardu (2 gardu tandem)). Dari hasil simulasi skenario 2 dan skenario 4 dengan menambahkan 1 gardu tol dapat menurunkan panjang antrian sebesar 70,44 % dan 61,54 % dan waktu antrian sebesar 56,91 % dan 25,65 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND. 11 064 |
Call Number: | STI/16/11/044 |
NIM/NIDN Creators: | 41607010015 |
Uncontrolled Keywords: | Antrian, Gerbang tol, Uji Statistik, Simulasi, Promodel |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 16 Sep 2011 15:52 |
Last Modified: | 20 Apr 2024 09:54 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18752 |
Actions (login required)
View Item |