EVALUASI SISTEM ANTRIAN GERBANG TOL PLUIT 1 PT CITRA MARGA NUSAPHALA PERSADA TBK DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI PROMODEL 7.5

KINANTI, NINDYTA ARIH (2011) EVALUASI SISTEM ANTRIAN GERBANG TOL PLUIT 1 PT CITRA MARGA NUSAPHALA PERSADA TBK DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI PROMODEL 7.5. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (BAB VI)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)

Abstract

Jalan tol dalam kota menghubungkan pusat-pusat bisnis vital kota Jakarta. Keberadaannya diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh, sehingga kegiatan bisnis maupun kegiatan masyarakat lainnya dapat berkembang dengan lancar dan cepat. Namun hal tersebut tidak terjadi pada Gerbang Tol Pluit 1. Karena pada gerbang tol tersebut terdapat antrian kendaraan yang cukup panjang. Antrian panjang ini disebabkan oleh tingkat kedatangan kendaraan yang melebihi kapasitas gerbang. Berbagai usaha akan dilakukan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. untuk mengatasi masalah antrian panjang ini seperti memperbanyak gardu pembayaran. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah memperoleh jumlah gardu yang tepat untuk melayani pelanggan pada jam sibuk. Data yang dikumpulkan dan diolah dalam penelitian ini adalah data waktu antar kedatangan kendaraan dan waktu pelayanan kendaraan. Data diuji secara statistik untuk mengetahui kecukupan data sampel dan distribusinya dengan menggunakan SPSS 17.0. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dibuat model antrian dari persoalan, kemudian dibuat simulasinya menggunakan ProModel 7.5. Dari hasil simulasi dapat diketahui panjang antrian dan waktu antrian dari skenario I (2 gardu paralel), skenario II (3 gardu paralel), skenario III (4 gardu paralel), skenario IV (3 gardu (1 gardu tandem)) dan skenario V (4 gardu (2 gardu tandem)). Dari hasil simulasi skenario 2 dan skenario 4 dengan menambahkan 1 gardu tol dapat menurunkan panjang antrian sebesar 70,44 % dan 61,54 % dan waktu antrian sebesar 56,91 % dan 25,65 %.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 11 064
Call Number: STI/16/11/044
NIM/NIDN Creators: 41607010015
Uncontrolled Keywords: Antrian, Gerbang tol, Uji Statistik, Simulasi, Promodel
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Sep 2011 15:52
Last Modified: 20 Apr 2024 09:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18752

Actions (login required)

View Item View Item