HIDAYAT, RIZKY FEBRIAN (2025) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT FRONT OFFICE HOTEL HORISON CILEDUG. D3 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
|
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
|
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
|
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana strategi Customer Relationship Management (CRM) diterapkan oleh divisi Front Office di Hotel Horison Ciledug, sebuah hotel bintang tiga yang dikelola oleh PT. Metropolitan Golden Management. Front Office sebagai garda terdepan memiliki peran strategis dalam membangun hubungan dengan tamu, mulai dari proses reservasi, check-in/check-out, hingga penanganan keluhan. Strategi CRM yang dijalankan hotel difokuskan pada personalisasi layanan, pengelolaan data pelanggan, serta pemanfaatan teknologi dan komunikasi jangka panjang. Sistem informasi manajemen (PMS) digunakan untuk mendukung layanan yang lebih cepat dan terpersonalisasi. Namun, ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan integrasi antar sistem, kurangnya pelatihan staf, dan program loyalitas yang belum maksimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi langsung dan wawancara dengan staf Front Office dan manajemen. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun strategi CRM telah dijalankan, pemanfaatan data pelanggan belum optimal. Program loyalitas juga belum sepenuhnya menarik bagi tamu untuk meningkatkan kunjungan ulang. Penulis menyarankan peningkatan pelatihan staf, optimalisasi pemanfaatan sistem CRM, pembaruan program loyalitas, dan penguatan integrasi sistem antara CRM dengan operasional Front Office. Implementasi strategi CRM yang efektif berpotensi besar dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta memperkuat citra positif hotel. Kata kunci: Customer Relationship Management, Front Office, Loyalitas Pelanggan, Perhotelan, Hotel Horison Ciledug.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
