PERAN ADMINISTRATOR DALAM OPERASIONAL HOTEL PADA DEPARTMENT FOOD AND BEVERAGE MILLENNIUM HOTEL SIRIH JAKARTA

SADINA, DINDA (2025) PERAN ADMINISTRATOR DALAM OPERASIONAL HOTEL PADA DEPARTMENT FOOD AND BEVERAGE MILLENNIUM HOTEL SIRIH JAKARTA. D3 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang cepat telah mendorong banyak perusahaan, khususnya di sektor makanan dan minuman, untuk lebih memfokuskan perhatian pada keuntungan dan kepuasan pelanggan. Dalam konteks industri perhotelan, penjualan makanan dan minuman menjadi sumber pendapatan terbesar kedua setelah penjualan kamar, sehingga peningkatan kualitas layanan di bidang ini sangat krusial. Departemen Food and Beverage (F&B) tidak hanya bertanggung jawab untuk menyediakan makanan dan minuman, tetapi juga untuk menciptakan pengalaman bersantap yang menyenangkan bagi para tamu. Peran administrator F&B sangat penting dalam mengelola operasional, termasuk pengelolaan sumber daya manusia dan pengawasan kualitas layanan. Namun, perhatian terhadap peran ini sering kali kurang, dihadapkan pada tantangan seperti koordinasi yang tidak efektif dan keterbatasan dalam keterampilan manajerial. Berdasarkan hasil magang dan wawancara, penelitian ini menemukan bahwa administrator F&B berfungsi sebagai penghubung antar departemen dan memiliki tanggung jawab signifikan dalam memastikan keakuratan data penjualan, pengelolaan stok, serta administrasi sumber daya manusia. Efektivitas mereka tercermin dalam peningkatan kepuasan tamu, pengurangan pemborosan makanan, dan percepatan layanan. Untuk meningkatkan kinerja, disarankan agar perusahaan memberikan motivasi kepada karyawan, memperbaiki sistem perangkat lunak untuk meningkatkan efisiensi kerja, mengukur dampak kinerja administrator, dan melaksanakan pelatihan rutin untuk meningkatkan keterampilan staf F&B. Selain itu, dukungan teknologi yang memadai juga diperlukan untuk menghadapi kompleksitas yang ada dalam industri perhotelan di masa depan. Kata Kunci : Administrator F&B, Operasional departemen F&B, Koordinasi Operasional hotel.

Item Type: Thesis (D3)
Call Number CD: FE/MJ. 25 377
NIM/NIDN Creators: 33122010015
Uncontrolled Keywords: Administrator F&B, Operasional departemen F&B, Koordinasi Operasional hotel.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.5 Plans for Specific Kinds of Areas/Perencanaan untuk Jenis Area Tertentu > 711.55 Functional Areas/Daerah Fungsional > 711.557 Hotel and Restaurant Areas/Perencanaan Daerah Fungsional Daerah Hotel dan Restoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen (D3)
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Oct 2025 04:34
Last Modified: 25 Oct 2025 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99789

Actions (login required)

View Item View Item