ANALISIS PENGARUH PENGAJARAN DAN MOTIVASI SMK TERHADAP KOMPETENSI INDUSTRI DARI SISWA

MULYADI, AGUS (2014) ANALISIS PENGARUH PENGAJARAN DAN MOTIVASI SMK TERHADAP KOMPETENSI INDUSTRI DARI SISWA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Pengajaran dan motivasi dalam belajar siswa SMK merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran, dimana nantinya dapat bersaing dalam dunia usaha dunia industry. Motivasi belajar untuk meningkatkan kompetensi setiap siswa, sehingga dapat mengurangi penurunan hasil belajar. Pengajaran terhadap siswa sangat dipengaruh oleh kemampuan seorang guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pengajaran, motivasi terhadap kompetensi di SMK Yuppentek 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dengan taraf signifikan dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengajaran, motivasi terhadap kompetensi (2) koefisien determinasi dan variabel kompetensi (Y) dapat dijelaskan oleh ke dua variabel yaitu pengajaran (X1), motivasi (X2). Dari hasil uji F menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu pengajaran dan motivasi dapat mempengaruhi variabel terikat pada kompetensi siswa. Dalam hal ini dapat disimpulkan untuk meningkatkan kompetensi akan terbentuk bila dalam memotivasi siswa dengan baik dan pengajaran yang yang lebih baik dan efektif akan membuat siswa merasa nyaman. Kata Kunci: Siswa, SMK, pengajaran, motivasi dan kompetensi

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55311120052
Uncontrolled Keywords: Siswa, SMK, pengajaran, motivasi dan kompetensi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:35
Last Modified: 23 Oct 2025 03:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99680

Actions (login required)

View Item View Item