PEMANFAΑΤΑΝ ΚΑΙΖEN DALAM MENGEFISIENSIKAN PROSES ORDER CUSTOMER DI DEPARTEMEN CUSTOMER SERVICE PADA PERUSAHAAN PACKAGING

VIATRA, ADRIANI (2014) PEMANFAΑΤΑΝ ΚΑΙΖEN DALAM MENGEFISIENSIKAN PROSES ORDER CUSTOMER DI DEPARTEMEN CUSTOMER SERVICE PADA PERUSAHAAN PACKAGING. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)

Abstract

Persaingan dalam industri dewasa ini semakin ketat, semua perusahaan yang bergerak di bidang industri saling berusaha untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang terbaik. Untuk tetap dapat bertahan atau bahkan dapat memenangkan persaingan, maka perlu upaya dari perusahaan untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan secara terus menerus dan berkelanjutan. Penerapan Kaizen merupakan salah satu cara untuk sebuah perbaikan dan penyempurnaan untuk mencapai tujuan lean yaitu menghilangkan semua pemborosan yang menambah biaya tanpa menambah nilai. PT. XYZ menerapkan Kaizen dalam sebuah sistem proses order customer melalui pendekatan sistematis PDCA (Plan-Do-Check-Action) dalam menciptakan produknya dan pelayanannya untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Data penelitian didapatkan dari observasi lapangan dan wawancara yang dilakukan secara khusus pada departemen customer service. Melakukan analisa penyebab masalah dengan menggunakan metode fishbone diagram untuk menemukan sumber penyebab masalah terbesar yang terjadi dalam proses order customer pada departemen customer service, serta melakukan perencanaan tindakan perbaikan dengan mengikuti prinsip SW-1H (What, When, Where, Who, Why, How) untuk mengurangi defect quantity dan quality cost guna peningkatan efisiensi pada departemen customer service. Evaluasi dan standarisasi terhadap proses order customer dilakukan untuk dapat terus menghasilkan produk dan pelayanan yang dapat memenangkan persaingan secara berkelanjutan. Kata Kunci: Kaizen, Lean, PDCA, Defect Quantity, Quality Cost

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55308120003
Uncontrolled Keywords: Kaizen, Lean, PDCA, Defect Quantity, Quality Cost
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:00
Last Modified: 23 Oct 2025 03:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99671

Actions (login required)

View Item View Item