ANALISIS KOMUNIKASI INTERNALISASI NILAI-NILAI ORGANISASI ( STUDI KASUS : PUSAT KOPERASI KREDIT JAKARTA PERIODE 2012 - 2013 )

RAHAYU, YUYU (2014) ANALISIS KOMUNIKASI INTERNALISASI NILAI-NILAI ORGANISASI ( STUDI KASUS : PUSAT KOPERASI KREDIT JAKARTA PERIODE 2012 - 2013 ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)

Abstract

Analisis komunikasi internalisasi nilai-nilai organisasi studi kasus di Pusat Koperasi Kredit Jakarta. Latar belakang penelitian adalah permasalahan koperasi di Indonesia yang sangat kompleks. Salah satunya komunikasi internal yaitu tidak diterapkannya nilai-nilai koperasi secara konsisten. Metode penelitian kualitatif-studi kasus dengan paradigma deskriptif - kualitatif. Obyek penelitian adalah Pusat Koperasi Kredit Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengumpulan dokumen organisasi dan turut serta dalam pelatihan di Puskopdit Jakarta. Pendekatan Pacanowsky dan Trujillo (1992) mengenai karakteristik penampilan komunikasi organisasi yang terdiri dari interaksional, kontektual, peristiwa dan improvisasi dan lima saran melihat penampilan komunikasi organisasi yaitu ritual, hasrat, kode etik, politik organisasi dan enkulturasi Hasil penelitian menunjukan ada sembilan nilai-nilai koperasi yang digunakan Puskopdit dalam menjalankan organisasi. Saluran komunikasi yang digunakan untuk internalisasi nilai-nilai organisasi adalah program pendampingan dan motivasi, pertemuan bulanan, rapat tahunan, perayaan hari credit union, lagu, pemilihan pemimpin organisasi dan masa orientasi. orientasi NA Kesimpulan penelitian bahwa nilai-nilai organisasi dapat terinternalisasi karena (1) Nilai-nilai organisasi bersifat universal, (2) Nilai-nilai organisasi adalah elemen budaya yang tidak terlihat sedangkan peristiwa komunikasi adalah elemen budaya yang dapat dilihat, oleh karenanya untuk melihat nilai-nilai organisasi dan maknanya diperlukan peristiwa akomunikasi, (3) adanya peran dan kredibilitas yang baik dari para pemimpin organisasi, (4) adanya intensitas komunikasi langsung yang tinggi antara Puskopdit Jakarta dengan anggotanya Kata kunci: Komunikasi organisasi, internalisasi dan nilai-nilai organisasi.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55209120016
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi, internalisasi dan nilai-nilai organisasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:57
Last Modified: 21 Oct 2025 01:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99540

Actions (login required)

View Item View Item