DINATA, MARIA (2012) Analisis Implementasi Pengukuran Kinerja Berbasis Balance Scorecard (Studi Kasus Pada PT. ABM Investama Tbk). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi Balanced Scorecard di PT ABM Investama Tbk dan seberapa jauh tingkat kinerja Balance Scorecard tersebut berdasarkan persepsi karyawan. Untuk proses pengukuran kinerja Balanced Scorecard, maka digunakan alat bantu kuesioner untuk mengukur perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pelanggan, sementara pengukuran untuk perspektif keuangan dilakukan dengan interview untuk mengetahui standar kriteria pengukuran penilaian keuangan perusahaan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa PT ABM Investama Tbk telah menggunakan dan mengimplementasikan Balanced Scorecard sebagai salah satu alat manajemen dalam mencapai strategi- strategi yang dicanangkan perusahaan. PT ABM Investama Tbk telah memformulasikan strategi di level perusahaan induk hingga masing masing anak perusahaan, selain itu perusahaan juga menggunakan beberapa konsultan untuk membantu dalam konsultasi implementasi strategi dan persiapan sumber daya manusia yang diperlukan. Selanjutnya, pembuatan peta strategi yang diterjemahkan ke Key Performance Indicator (KPI) telah dibuat untuk mengukur kinerja yang mendukung strategi perusahaan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa empat perspektif Balanced Scorecard diukur dengan pembobotan berikut perspektif keuangan (40%), perspektif pelanggan (10%), perspektif proses bisnis internal (30%) serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (20%). Total nilai rata-rata perspektif keuangan adalah 3,57 dari skala 1-5, perspektif pelanggan dengan total nilai rata-rata 4.33 dari skala 15, perspektif proses bisnis internal dengan total nilai rata-rata 3.55 dari skala 1 5 serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan total nilai rata-rata 3.55 dari skala 15. Nilai akhir secara keseluruhan dengan mempertimbangkan total nilai rata-rata dan bobot penilaian adalah 3.7 dari skala 1-5 atau cukup memuaskan.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| NIM/NIDN Creators: | 55510120006 |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Akuntansi |
| Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:33 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:33 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
