STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAN PENJUALAN PADA KOPERASI (Studi kasus pada koperasi pengusaha per Indonesia (KPPI) Jalan Lapangan Tembak No. 64 Cibubur, Jakarta Timur)

EMYARTI, EMYARTI (2004) STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAN PENJUALAN PADA KOPERASI (Studi kasus pada koperasi pengusaha per Indonesia (KPPI) Jalan Lapangan Tembak No. 64 Cibubur, Jakarta Timur). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Koperasi Pengusaha Per Indonesia telah berdiri sejak tahun 1992 dengan alamat Jalan Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur, Koperasi ini mempunyai 4 (empat) unit layanan yaitu Simpan Pinjam, DISTRIBUTOR Per Mobil, kredit electronik kebutuhan rumah tangga dan Unit BMT, dalam perjalanannya. cukup menunjukan perkembangan, namun kurang menghasilkan yang signifikan bagi anggotanya terutama untuk unit Distributor per mobil, maka tahun buku 2002 atas kehendak anggota terjadi penggantian pengurus dan pengelolaan diserahkan kepada tenaga profesional yang dianggap mampu dibidang tugasnya. Sejak terpilihnya pengurus baru alamat koperasi pindah ke Jalan Lapangan Tembak No. 64 Cibubur Jakarta Timur yang tidak terlalu jauh dari alamat semula, tepatnya tanggal 1 Mei 2003 KPPI mulai dengan wajah baru, walaupun tetap dengan pakaian lamanya. Keputusan ini diambil tentu melalui proses yang panjang dan memakan waktu, namun inilah keputusan yang terbaik, kantor lama KPPI beralih guna menjadi kantor milik sebuah perusahaan yang kini bergerak dibidang yang sama yaitu distributor per mobil dengan pengelola orang-orang yang sudah sangat berpengalaman dibidang ini. Menyadari hal tersebut pihak menejemen KIPI menyusun strategi-strategi untuk memperkuat kembali KPPI dan anggota diharapkan untuk tetap setia dan loyal terhadap koperasinya. UNIVERSITAS Akibat pemisahın Koperasi sebagian anggota berjumlah 47 orang teluar, namun masuk sebagai anggota baru sebanyak 26 orang. Kondisi ini menunjukan sesuatu yang cukup dinamis, mengingat peran anggota dikoperasi sangat menentukan, maka koperasi berusaha untuk memelihara anggotanya selaku konsumen/pelanggan untuk tidak berpaling kepada kompetitornya dan berupaya menarik anggota baru yang potensial sebagai perluasan pasar. Berkaitan dengan hal ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap anggota, dimana anggota adalah konsumen atau pelanggan koperasi untuk mengetahui sejauh mana kepuasan mempengaruhi kesetiaan atau loyalitas pelanggan. Strategi-strategi apa yang di lakukan oleh KPPI untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan serta variabel mana yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dari analisis yang dilakukan sangat besar pengaruhnya, bila tidak terpenuhinya harapan sangat berpengaruh kepada kepuasan dan loyalitas seseorang terhadap koperasi/perusahaannya yang berpengaruh pula kepada tingkat penjualan. Methode penelitian yang digunakan adalah, survey langsung kepada obyek yang diteliti dengan mempersiapkan questioner terlebih dahulu untuk disebarkan kepada UKM anggota KPPI secara sampling. Analisis yang digunakan adalah Analisis Harapan dan Realita, Analisis Segmentasi dan Targeting-Positioning, Analisis SWOT dan Analisis PLC. Hasil pembahasan menunjukan bahwa, Koperasi Pengusaha Per Indonesia (KPPI) dapat dikategorikan pada pertumbuhan. Pada siklus ini semestinya penekanan diberikan kepada penjelasan untuk mendapatkan penerimaan yang semakin luas baik kepada anggota maupun kepada calon anggota ataupun pihak-pihak terkait yang dapat mendukung KPPI. Harapan masih lebih besar dari Realita yang berpengaruh kepada ketidak puasan dan belum maksimalnya tingkat loyalitas pelanggan berakibat pula kepada tingkat penjualan/omset. Kekuatan-kekuatan yang dimiliki hendaknya dimaksimalkan untuk dapat menutupi kelemahan-kelemahan yang ada dan kinerja harus ditunjang dengan pengembangan Sumber Daya manusia, untuk merebut peluang dan mengatasi ancaman.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 13102-043
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:57
Last Modified: 10 Oct 2025 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98999

Actions (login required)

View Item View Item