PEMETAAN DAN MANAJEMEN PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PROSES KOMUNIKASI PERUBAHAN KEBIJAKAN TARIF TER DIREKTORAT JENDERAL PAJAK

ETANIA, YUNIAR CASSANDRA (2025) PEMETAAN DAN MANAJEMEN PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PROSES KOMUNIKASI PERUBAHAN KEBIJAKAN TARIF TER DIREKTORAT JENDERAL PAJAK. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstract

This study aims to analyze stakeholder mapping and management within the communication process of the TER tariff policy change at the Directorate General of Taxes. Employing a qualitative case study approach, the research utilized in-depth interviews, observation, and documentation, grounded in stakeholder theory and stakeholder engagement concepts. The findings indicate that stakeholder mapping and engagement serve as strategic foundations in designing the TER policy communication strategy by the Directorate General of Taxes. The study reveals that DJP categorizes its stakeholders into two main groups. Although participation has not been fully inclusive, field findings demonstrate DJP's efforts to establish two-way communication and actively utilize digital media to enhance public awareness, along with adaptive responses to misinformation challenges on social media. Keywords: Stakeholder Mapping, Stakeholder Engagement, Policy Change, Stakeholder Management, Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemetaan dan manajemen pemangku kepentingan dalam proses komunikasi perubahan kebijakan tarif TER Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang mengacu pada teori pemangku kepentingan dan stakeholders engagement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemetaan dan keterlibatan pemangku kepentingan menjadi fondasi yang strategis dalam merancang komunikasi kebijakan TER oleh Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian menemukan bahwa DJP membagi pemangku kepentingannya menjadi dua kategori utama. Meski partisipasi belum sepenuhnya merata, temuan lapangan menunjukkan adanya upaya DJP dalam membangun komunikasi dua arah serta penggunaan media digital secara aktif untuk meningkatkan kesadaran publik serta respon adaptif terhadap tantangan disinformatif di media sosial. Kata kunci: Pemetaan Pemangku Kepentingan, Keterlibatan Pemangku Kepentingan, Perubahan Kebijakan, Manajemen Pemangku Kepentingan, Direktorat Jenderal Pajak.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 25 037
NIM/NIDN Creators: 55222120020
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Pemangku Kepentingan, Keterlibatan Pemangku Kepentingan, Perubahan Kebijakan, Manajemen Pemangku Kepentingan, Direktorat Jenderal Pajak.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 382 International Commerce, Foreign Trade/Perdagangan Internasional > 382.7 Tariff Policy/Kebijakan Tarif
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.46 Tax Accounting/Akuntansi Pajak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.6 Specific Kinds of Accounting/Jenis Akuntansi Tertentu > 657.61 Public Accounting/Akuntansi Publik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:53
Last Modified: 09 Oct 2025 02:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98926

Actions (login required)

View Item View Item