INAYATI, IIN (2003) ANALISIS SEGMEN PASAR BERDASARKAN VARIABEL DEMOGRAFI DAN PSIKOGRAFI PADA MULTI LEVEL MARKETING (MLM) SYARIAH AHAD-NET DI SERANG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (528kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
Abstract
Semakin tingginya tingkat persaingan bisnis MLM ini telah membuat konsumen semakin bebas memilih dimana barang atau jasa itu berada. Lingkungan menjadi berubah, peta segmentasi pun akan berubah. Jumlah masing-masing orang dalam setiap segmen demografi barangkali ikut berubah, begitu juga dengan segmen psikografi yang dipengaruhi oleh gaya hidupnya mungkin akan mengalami pergeseran yang signifikan. Setiap segmen melakukan respon yang tidak sama terhadap suatu produk. Maka disinilah saatnya kita melakukan tinjauan kembali terhadap segmen pasar yang ada. Dengan memahami segmen pasar tersebut, produsen diharapkan dapat membuat disain pemasaran yang pas dengan lingkungannya sehingga produknya dapat diterima dan memberikan kepuasan yang maksimal kepada konsumen. Analisis segmen pasar ini bertujuan untuk mengidentifikasi segmen demografi dan psikografi, mengelompokan konsumen ke dalam beberapa kelompok atau segmen demografi dan psikografi, serta mengetahui hubungan antara segmen demografi dan psikografi dengan besarnya konsumsi produk. Karakter-karakter yang digunakan dalam mengidentifikasi segmen demografi adalah jenis kelamin, usia, penghasilan, pendidikan, pekerjaan dan daur hidup (life cycle). Sedangkan karakter-karakter yang digunakan dalam mengidentifikasi segmen psikografi dengan menggunakan dimensi gaya hidup (life style), yaitu pekerjaan, keluarga, komunitas, hiburan, dan belanja. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis klaster dengan teknik Nonhierarchical Cluster. UNIV had-Net ini t terdiri dari Klaster ID (21%), Klaster 2D (14,6%), Klaster 3D (33,7%), Klaster 4D (24,4%), dan Klaster SD (6,3%). Dilihat dari tingkat konsumsinya, maka segmen pasar yang paling potensial adalah Klaster 4D, kemudian Klaster 2D. Segmen pasar psikografi pada MLM Syariah Ahad-Net ini terdiri dari Klaster 1P (20,5%), Klaster 2P (28,3%), Klaster 3P(17,6%), Klaster 4P (41%), dan Klaster 5P (12,7). Dilihat dari tingkat konsumsinya, maka segmen pasar yang paling potensial adalah Klaster 3P, kemudian Klaster IP. Dengan Uji Chi Kuadrat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada segmen pasar demografi dan psikografi dengan tingkat konsumsi produk. Segmen pasar demografi pada MLM Syariah Ahad-Net ini MERCO BIANA Diharapkan perusahaan dapat merencanakan langkah strategis untuk program-program pemasaran berikutnya yang lebih terarah dan sesuai karakteristik segmen pasar demorafi terutama pada karakteristik Klaster 4D dan Klaster 2D juga karakteristik segmen pasar psikografi terutama pada karakteristik Klaster 3P dan Klaster IP. Oleh karena itu, evaluasi terhadap segmen pasar ini sebaiknya dilakukan secara periodik oleh perusahaan untuk mengantisipasi terjadinya perubahan-perubahan baru di pasar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 13101-013 |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | RIZKY MIJKA EDELWEIS |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 07:18 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |