PENGARUH GAYA KOMUNIKASI MANAJERIAL TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN (Survei pada Karyawan KAP XYZ Cabang Jakarta Tahun 2025)

Yusandra, Sarita Imas (2025) PENGARUH GAYA KOMUNIKASI MANAJERIAL TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN (Survei pada Karyawan KAP XYZ Cabang Jakarta Tahun 2025). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (Cover)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-01 Cover - sarita imas yusandra.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB I)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-02 Bab 1 - sarita imas yusandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB II)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-03 Bab 2 - sarita imas yusandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB III)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-04 Bab 3 - sarita imas yusandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB IV)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-05 Bab 4 - sarita imas yusandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB V)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-06 Bab 5 - sarita imas yusandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-07 Daftar Pustaka - sarita imas yusandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (Lampiran)
44222110035- Sarita Imas Yusandra-08 Lampiran - sarita imas yusandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Komunikasi dalam organisasi memiliki arti penting tidak hanya untuk mendapatkan sebuah informasi agar dapat diolah oleh sumber daya manusia atau karyawan di dalamnya. Salah satu aspek penting kajian mengenai komunikasi organisasi adalah gaya komunikasi seorang pemimpin. Gaya komunikasi manajerial adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi pikiran, perasaan, sikap dan perilaku orang lain untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan guna mencapai tujuan yang diupayakan oleh seorang pimpinan. Efektifnya gaya komunikasi yang diterapkan oleh manajer dalam perusahaan atau organisasi dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Loyalitas karyawan merupakan sikap setia yang dimiliki karyawan, dapat menimbulkan rasa tanggung jawab, merasakan pekerjaan bukanlah paksaan melainkan hal yang disukai, hingga karyawan tersebut bertahan pada perusahaan walaupun perusahaan mengalami keadaan baik atau buruk. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh gaya komunikasi manajerial terhadap loyalitas karyawan (survei pada karyawan KAP XYZ cabang Jakarta tahun 2025) Pada tinjauan pustaka terdiri dari enam penelitian terdahulu dan kajian terkait komunikasi organisasi, gaya komunikasi, loyalitas karyawan dan teori kontrol organisasi. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan divisi audit Kantor Akuntan Publik atau KAP XYZ cabang Jakarta yang berjumlah 1.665 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner di email internal dengan Microsoft Form. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, korelasi Spearman Rho, regresi linier sederhana, koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh gaya komunikasi manajerial terhadap loyalitas karyawan dengan nilai t hitung 5,446 dan sig 0,000 < 0,05. Adapun pengaruhnya dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,232 atau 23,2% artinya terdapat pengaruh gaya komunikasi manajerial secara signifikan terhadap loyalitas karyawan di KAP XYZ cabang Jakarta. information so that it can be processed by human resources or employees in it. One crucial element within organizational communication is the leader’s communication style. It is the managerial communication style that influences thoughts, feelings, attitudes, and behavior to perform tasks toward the objectives of the leader. An effective communication style applied by a manager at a company or an organization enhances employee loyalty. Employee loyalty is an attitude characterized by a sense of responsibility and transforms the viewpoint of work to be something enjoyable. As a result, these employees will remain with the organization regardless of whether the organizational environment is favorable or not. The purpose of this study is to determine the effect of managerial communication style on employee loyalty (survey of employees at KAP XYZ Jakarta branch in 2025). The literature review consists of six previous studies and related studies on organizational communication, communication styles, employee loyalty, and organizational control theory. This research utilizes a quantitative approach with a survey method. The study's population includes all 1,665 employees from the audit division of the Jakarta branch of KAP XYZ. The sampling technique used the Slovin formula which resulted in a sample of 100 respondents. Data was obtained through the distribution of questionnaires via internal email using Microsoft Forms. The data analysis methods used included were validity and reliability tests, Spearman’s correlation coefficient, simple linear regression, coefficient of determination, and hypothesis testing. The results show that H0 is rejected, indicating that there is an influence of managerial communication style on employee loyalty with a t-value of 5.446 and sig 0.000 < 0.05. The effect is seen from the coefficient of determination (R2) value of 0.232 or 23.2%, which means that there is a significant effect of managerial communication style on employee loyalty at KAP XYZ's Jakarta branch.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44222110035
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi Manajerial, Loyalitas Karyawan, Komunikasi Organisasi, Spearman Rho, Regresi Linier, Kantor Akuntan Publik XYZ Managerial communication style, Employee Loyalty, Organizational Communication, Spearman’s correlation coefficient, Linear Regression, Public Accounting Firm
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ZAIRA ELVISIA
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:25
Last Modified: 06 Oct 2025 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98803

Actions (login required)

View Item View Item