ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) dan VARIASI UKURAN CELAH KATUP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SERTA EMISI GAS BUANG PADA MESIN INJEKSI 110 CC dengan ECU STANDAR dan ECU REMAP

WAHYUDI, IKHSAN (2025) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) dan VARIASI UKURAN CELAH KATUP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SERTA EMISI GAS BUANG PADA MESIN INJEKSI 110 CC dengan ECU STANDAR dan ECU REMAP. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)

Abstract

This study aims to analyze the effects of using a Hydrocarbon Crack System (HCS) and variations in valve clearance on fuel consumption and exhaust gas emissions in a 110 cc fuel-injected gasoline engine using both standard and remapped ECU. The main problem addressed in this research is the high levels of exhaust emissions and fuel consumption resulting from incomplete combustion in fossil-fueled engines. The study was conducted using a quantitative experimental method through direct testing on a Honda Beat fuel-injected engine equipped with HCS and varying valve clearances (0.12 mm; 0.14 mm; 0.16 mm). The parameters tested included CO, CO₂, and HC emissions, fuel consumption, engine torque, and power output across an RPM range of 1000–10000. The ECU was remapped on the ignition timing and injector timing to evaluate the best combination for optimal efficiency. The results showed that the use of HCS significantly reduced CO and HC emissions as well as fuel consumption, especially with a valve clearance of 0.12 mm and remapped ECU (ignition at 3° BTDC and injector at 350° ATDC). This configuration also produced the highest torque and power compared to other settings. The conclusion of this study is that integrating HCS technology, optimal valve clearance variation, and ECU remapping can enhance combustion efficiency and engine performance while reducing emissions, making it a practical solution for motor vehicles in developing countries. Keywords: Hydrocarbon Crack System, valve clearance, exhaust emissions, fuel consumption, ECU remap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) dan variasi ukuran celah katup terhadap konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang pada mesin bensin injeksi 110 cc yang menggunakan ECU standar dan ECU yang diremap. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah tingginya emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar akibat pembakaran yang tidak sempurna pada mesin berbahan bakar fosil. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen kuantitatif melalui pengujian langsung pada mesin Honda Beat injeksi yang dilengkapi dengan HCS dan variasi celah katup (0,12 mm; 0,14 mm; 0,16 mm). Parameter yang diuji meliputi emisi CO, CO₂, HC, konsumsi bahan bakar, torsi, dan daya mesin pada rentang putaran 1000–10000 RPM. ECU diremap pada bagian ignition timing dan injector timing untuk mengevaluasi kombinasi terbaik yang menghasilkan efisiensi optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan HCS secara signifikan menurunkan emisi CO dan HC serta konsumsi bahan bakar, khususnya pada konfigurasi celah katup 0,12 mm dengan ECU remap (ignition 3° BTDC dan injector 350° ATDC). Konfigurasi tersebut juga memberikan peningkatan torsi dan daya tertinggi dibandingkan pengaturan lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi teknologi HCS, variasi celah katup optimal, dan remapping ECU dapat meningkatkan efisiensi pembakaran dan performa mesin sekaligus menurunkan emisi, yang dapat menjadi solusi aplikatif bagi kendaraan bermotor di negara berkembang. Kata Kunci : Hydrocarbon Crack System, celah katup, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar, ECU remap.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: CD/558. 25 016
NIM/NIDN Creators: 55823110008
Uncontrolled Keywords: Hydrocarbon Crack System, celah katup, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar, ECU remap.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 662 Technology Of Explosives, Fuels, Related Products, Firework, Pyrotechnics/Teknologi Industri Bahan Peledak,Bahan Bakar,Teknologi Petasan, Piroteknik > 662.6 Non Fuels/Teknologi Industri Bahan Bakar Non Bensin
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 669 Metallurgy/Metal, Metalurgi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Mesin
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 30 Sep 2025 05:51
Last Modified: 30 Sep 2025 05:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98603

Actions (login required)

View Item View Item