MAULIDA, DIANA (2025) IMPLEMENTASI DIGITAL CONTENT DALAM MEMBENTUK BRAND AWARENESS PADA JASA PENYEWAAN KEBAYA MELALUI AKUN INSTAGRAM @WEARKEBAYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (756kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
Abstract
This study aims to identify and analyze digital content for building brand awareness for a kebaya rental service through the Instagram account @WearKebaya. The primary focus of the study is how digital content on social media is utilized to increase brand awareness, particularly among the younger generation. This study employed a qualitative approach with descriptive methods. The paradigm employed was post-positivist. Data collection techniques were conducted through observation and in-depth interviews with key informants: Ayu Yuhana, the owner of WearKebaya, Nensyi, a Social Media Specialist, and one consumer informant. The results show that the digital content employed by @WearKebaya reflects visual consistency, a warm, communicative tone, and strong culturally-based storytelling. This approach not only builds emotional and cognitive brand awareness but also showcases the kebaya as part of a modern lifestyle. WearKebaya also targeted audience segments with relevant and personalized content. The use of user-generated content and interactivity through Instagram features in audience engagement. This strategy demonstrates that a communicative, adaptive, and culturally-based content approach can sustainably create brand awareness. Keywords: Digital Content, Brand Awareness, Instagram, Kebaya Rental Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Digital Content Dalam Membentuk Brand Awareness Pada Jasa Penyewaan Kebaya Melalui Akun Instagram @Wearkebaya. Fokus utama penelitian diarahkan pada bagaimana konten digital di media sosial dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek, khususnya di kalangan generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Paradigma yang digunakan adalah post-positivis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan key informan, yaitu Ayu Yuhana selaku pemilik WearKebaya, Nensyi sebagai Social Media Specialist, serta satu informan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital content yang digunakan oleh @WearKebaya mencerminkan konsistensi visual, tone komunikatif yang hangat, serta storytelling berbasis budaya yang kuat. Pendekatan ini tidak hanya membangun brand awareness secara emosional dan kognitif, tetapi juga menampilkan kebaya sebagai bagian dari gaya hidup modern. WearKebaya juga melakukan segmentasi audiens yang tepat dengan konten yang relevan dan terpersonalisasi. Penggunaan user-generated content dan interaktivitas melalui fitur Instagram dalam keterlibatan audiens. Strategi ini menunjukkan bahwa pendekatan konten yang komunikatif, adaptif, dan berakar pada nilai budaya dapat membentuk kesadaran merek secara berkelanjutan. Kata Kunci : Digital Content, Brand Awareness, Instagram, Sewa Kebaya
Actions (login required)
![]() |
View Item |