FIRMANSYAH, ACHMAD (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS JADWAL OPERASIONAL BUS TRANSJAKARTA RUTE P11 MENGGGUNAKAN METODE PERT DAN SIMULASI MONTE CARLO. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - FILE - COVER.pdf Download (776kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Transportasi umum yang andal merupakan kebutuhan utama dalam mendukung mobilitas masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Transjakarta belum lama ini mengoperasikan rute P11 : Blok M – Bogor yang tergolong panjang dan banyak titik kemacetan sehingga mempengaruhi waktu tempuh perjalanan bus. Penelitian ini menganalisis efektivitas jadwal operasional Bus Transjakarta rute P11 menggunakan metode PERT untuk identifikasi segmen perjalanan paling kritis berdasarkan kategori waktu optimis, realistis, pesimistis. Metode Monte Carlo untuk menentukan target waktu tempuh ideal dengan ribuan iterasi. Hasil penelitian menunjukkan segmen perjalanan paling kritis pada segmen Pancoran Tugu – Buperta Cibubur (arah Bogor) dan segmen Cibubur Junction – Pancoran (arah Blok M). Total waktu tempuh ekspetasi rute P11 arah Bogor 94,01 menit (σ = 8,58 menit), rute P11 arah Blok M 92,33 menit (σ = 4,94 menit). Probabilitas bus tiba di halte tujuan akhir berdasarkan target waktu tempuh ≤ 75 menit hanya 1,32% (arah Bogor) dan 0,02% (arah Blok M). Temuan ini menunjukkan kombinasi metode PERT dan Monte Carlo mampu memberikan penentuan target waktu tempuh lebih realistis berdasarkan kondisi lalu lintas.
Actions (login required)
![]() |
View Item |