ANALISIS EFEKTIVITAS JADWAL OPERASIONAL BUS TRANSJAKARTA RUTE P11 MENGGGUNAKAN METODE PERT DAN SIMULASI MONTE CARLO

FIRMANSYAH, ACHMAD (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS JADWAL OPERASIONAL BUS TRANSJAKARTA RUTE P11 MENGGGUNAKAN METODE PERT DAN SIMULASI MONTE CARLO. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - FILE - COVER.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text (BAB V)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41621110049 - ACHMAD FIRMANSYAH - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Transportasi umum yang andal merupakan kebutuhan utama dalam mendukung mobilitas masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Transjakarta belum lama ini mengoperasikan rute P11 : Blok M – Bogor yang tergolong panjang dan banyak titik kemacetan sehingga mempengaruhi waktu tempuh perjalanan bus. Penelitian ini menganalisis efektivitas jadwal operasional Bus Transjakarta rute P11 menggunakan metode PERT untuk identifikasi segmen perjalanan paling kritis berdasarkan kategori waktu optimis, realistis, pesimistis. Metode Monte Carlo untuk menentukan target waktu tempuh ideal dengan ribuan iterasi. Hasil penelitian menunjukkan segmen perjalanan paling kritis pada segmen Pancoran Tugu – Buperta Cibubur (arah Bogor) dan segmen Cibubur Junction – Pancoran (arah Blok M). Total waktu tempuh ekspetasi rute P11 arah Bogor 94,01 menit (σ = 8,58 menit), rute P11 arah Blok M 92,33 menit (σ = 4,94 menit). Probabilitas bus tiba di halte tujuan akhir berdasarkan target waktu tempuh ≤ 75 menit hanya 1,32% (arah Bogor) dan 0,02% (arah Blok M). Temuan ini menunjukkan kombinasi metode PERT dan Monte Carlo mampu memberikan penentuan target waktu tempuh lebih realistis berdasarkan kondisi lalu lintas.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41621110049
Uncontrolled Keywords: Transjakarta, Efektivitas, PERT, Monte Carlo, Bogor, Blok M
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1 Engineering Mechanics/Mekanika Teknik
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.4 Engineering for Specific Kinds of Geographic Environtments, Fine Particle and Remote Control Technology/Teknik untuk Jenis Lingkungan Khusus, Teknologi Partikel Halus dan Pengendali Jarak Jauh
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 970 History of North America/Sejarah Amerika Utara > 973 History of United States of America, USA/Sejarah Amerika Serikat > 973.7 Administration of Abraham Lincoln, 1861-1865/Administrasi Abraham Lincoln, 1861-1865 > 973.73 Operations/Operasional
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:39
Last Modified: 11 Sep 2025 03:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97671

Actions (login required)

View Item View Item