HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FoMO) DENGAN STATUS CONSUMPTION PADA PENGGUNA IPHONE DI JABODETABEK

TRIWANTORO, SATRIAWAN WIRAYUDHA (2025) HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FoMO) DENGAN STATUS CONSUMPTION PADA PENGGUNA IPHONE DI JABODETABEK. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 01 Cover.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB V)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
46120010173 - Satriawan Wirayudha Triwantoro - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Fear of Missing Out (FoMO) dan Status Consumption pada pengguna iPhone di Jabodetabek. FoMO didefinisikan sebagai kecemasan berlebihan akibat takut tertinggal dari tren sosial (Przybylski et al., 2013), sedangkan Status Consumption merujuk pada kecenderungan individu untuk membeli produk guna meningkatkan status sosialnya (Kilsheimer, 1993). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden yang merupakan pengguna iPhone berusia 18-35 tahun di Jabodetabek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis untuk menguji hubungan antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara FoMO dan Status Consumption (r = 0.245, p = 0.024), namun dengan korelasi yang tergolong lemah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa FoMO berperan dalam Status Consumption, tetapi bukan sebagai faktor utama. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan variabel lain yang dapat memoderasi atau memediasi hubungan antara FoMO dan konsumsi berbasis status, seperti pengaruh media sosial atau ketimpangan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46120010173
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out (FoMO), Status Consumption, iPhone
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.2 Miscellany of Psychology/Aneka Ragam di Bidang Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.7 Education of Psychology/Pendidikan Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.2 Interpersonal Relations/Hubungan Antar Individu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 160 Logic/Logika, Ilmu Tentang Pemikiran
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 160 Logic/Logika, Ilmu Tentang Pemikiran > 160.1-160.9 Standard Subdivisions of Logic/Subdivisi Standar Dari Logika, Ilmu tentang Pemikiran
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:19
Last Modified: 11 Sep 2025 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97669

Actions (login required)

View Item View Item