ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN TEGAR BERIMAN KABUPATEN BOGOR

AZHARI, ANDI NAUFAL ZAQIE (2025) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN TEGAR BERIMAN KABUPATEN BOGOR. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
41120120085_Andi Naufal_01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
41120120085_Andi Naufal_02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB II)
41120120085_Andi Naufal_03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text (BAB III)
41120120085_Andi Naufal_04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB V)
41120120085_Andi Naufal_06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
41120120085_Andi Naufal_05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41120120085_Andi Naufal_07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41120120085_Andi Naufal_08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan serta mengevaluasi kinerja ruas jalan pada Jalan Raya Tegar Beriman, Kabupaten Bogor guna meningkatkan keselamatan lalu lintas. Metode yang digunakan mencakup Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK), Batas Kontrol Atas (BKA), dan Upper Control Limit (UCL) untuk menentukan segmen blackspot, serta analisis derajat kejenuhan (DS), kecepatan arus bebas, kapasitas jalan, dan tingkat pelayanan jalan (LOS) berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Hasil penelitian menunjukkan lima segmen jalan (11, 12, 15, 16, dan 18) dikategorikan sebagai blackspot, dengan nilai AEK antara 68 hingga 86, melebihi nilai BKA (64,58) dan UCL (54,30–61,55). Faktor utama penyebab kecelakaan adalah kelalaian pengemudi (36%), kehilangan kendali kendaraan (25%), dan kecepatan berlebih (20%), dengan jenis kecelakaan dominan berupa tabrakan samping (42%) dan kejadian tertinggi pada malam hari (46%). Kinerja ruas jalan menunjukkan derajat kejenuhan tertinggi (0,67 arah timur, 0,65 arah barat) terjadi pada sore hari, dengan tingkat pelayanan (LOS) kategori C, menunjukkan lalu lintas padat namun stabil. Untuk meningkatkan keselamatan, direkomendasikan pembatasan kecepatan, peningkatan penerangan, perbaikan marka jalan, serta pengawasan lebih ketat, terutama pada jam rawan kecelakaan. Evaluasi berkala dan penelitian lanjutan diperlukan untuk memastikan efektivitas kebijakan keselamatan dan mengurangi angka kecelakaan di ruas jalan ini.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41120120085
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, daerah rawan kecelakaan, blackspot, AEK, BKA, UCL, kinerja ruas jalan, tingkat pelayanan jalan, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), Jalan Tegar Beriman
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu > 155.936 Accidents/Kecelakaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:37
Last Modified: 01 Sep 2025 07:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97316

Actions (login required)

View Item View Item