AZHARI, ANDI NAUFAL ZAQIE (2025) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN TEGAR BERIMAN KABUPATEN BOGOR. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
41120120085_Andi Naufal_01 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
41120120085_Andi Naufal_02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
41120120085_Andi Naufal_03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
41120120085_Andi Naufal_04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
41120120085_Andi Naufal_06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
41120120085_Andi Naufal_05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41120120085_Andi Naufal_07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
41120120085_Andi Naufal_08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan serta mengevaluasi kinerja ruas jalan pada Jalan Raya Tegar Beriman, Kabupaten Bogor guna meningkatkan keselamatan lalu lintas. Metode yang digunakan mencakup Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK), Batas Kontrol Atas (BKA), dan Upper Control Limit (UCL) untuk menentukan segmen blackspot, serta analisis derajat kejenuhan (DS), kecepatan arus bebas, kapasitas jalan, dan tingkat pelayanan jalan (LOS) berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Hasil penelitian menunjukkan lima segmen jalan (11, 12, 15, 16, dan 18) dikategorikan sebagai blackspot, dengan nilai AEK antara 68 hingga 86, melebihi nilai BKA (64,58) dan UCL (54,30–61,55). Faktor utama penyebab kecelakaan adalah kelalaian pengemudi (36%), kehilangan kendali kendaraan (25%), dan kecepatan berlebih (20%), dengan jenis kecelakaan dominan berupa tabrakan samping (42%) dan kejadian tertinggi pada malam hari (46%). Kinerja ruas jalan menunjukkan derajat kejenuhan tertinggi (0,67 arah timur, 0,65 arah barat) terjadi pada sore hari, dengan tingkat pelayanan (LOS) kategori C, menunjukkan lalu lintas padat namun stabil. Untuk meningkatkan keselamatan, direkomendasikan pembatasan kecepatan, peningkatan penerangan, perbaikan marka jalan, serta pengawasan lebih ketat, terutama pada jam rawan kecelakaan. Evaluasi berkala dan penelitian lanjutan diperlukan untuk memastikan efektivitas kebijakan keselamatan dan mengurangi angka kecelakaan di ruas jalan ini.
Actions (login required)
![]() |
View Item |