ANALISIS TINGKAT PELAYANAN (LEVEL OF SERVICE) DAN POLA PERGERAKAN PENUMPANG PADA PENINGKATAN STASIUN TANAH ABANG

CAHYONO, MUHAMAD SATRIO BUDI (2025) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN (LEVEL OF SERVICE) DAN POLA PERGERAKAN PENUMPANG PADA PENINGKATAN STASIUN TANAH ABANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tanah Abang Station is a major Class A station and one of the busiest in the Jabodetabek area, experiencing a continuous increase in passenger volume each year, particularly during morning and evening Peak Hours. The existing conditions prior to development indicated an imbalance between station capacity and the number of users, as reflected by low Levels of Service (LOS) in several key areas such as platforms, halls, Concourses, stairs, and escalators. This study aims to analyze the Level of Service and passenger movement patterns before and after the development of Tanah Abang Station, focusing on the addition of new infrastructure, including Platforms 1 and 2, the New Building Concourse, the New Building Hall, as well as additional manual stairs and escalators. The method used is a quantitative approach, with evaluation parameters including pedestrian speed, flow, volume, density, and space per person. These parameters are classified into LOS categories (A–F) based on the standards of the Minister of Public Works Regulation No. 03/PRT/M/2014. The analysis results show that before development, most areas were at LOS D to F, indicating congestion, movement conflicts, and low comfort levels. After development, there was a significant improvement, with LOS increasing to A and B in most areas. The addition of new infrastructure successfully distributed pedestrian flow more evenly, reduced density, and improved the efficiency of passenger circulation. This study concludes that the development of Tanah Abang Station significantly enhances service quality and user safety. Recommendations include implementing a one-way passenger movement pattern, separating entry and exit flows, and optimizing directional information systems to maintain long-term service performance. Keywords: Pedestrians, Level of Service, Passenger Movement Patterns, Tanah Abang Station. Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun kelas besar tipe A dan salah satu stasiun tersibuk di Jabodetabek dengan kepadatan penumpang yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, terutama pada jam sibuk pagi dan sore. Kondisi eksisting stasiun sebelum dilakukan pembangunan menunjukkan ketidakseimbangan antara kapasitas stasiun dengan jumlah pengguna, yang ditandai oleh rendahnya tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada berbagai area seperti peron, hall, Concourse, tangga, dan eskalator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan dan pola pergerakan penumpang sebelum dan setelah Peningkatan Stasiun Tanah Abang dengan adanya penambahan infrastruktur baru yaitu Peron 1 dan 2, Concourse Gedung Baru, Hall Gedung Baru, serta penambahan tangga manual dan eskalator. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan parameter evaluasi berdasarkan kecepatan pejalan kaki, arus, volume, kepadatan, dan ruang per orang, yang kemudian diklasifikasikan dalam kategori LOS (A–F) sesuai dengan standar Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 03/PRT/M/2014. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum pembangunan, sebagian besar area berada pada LOS D hingga F, yang mengindikasikan kemacetan, konflik pergerakan, dan kenyamanan yang rendah. Setelah pembangunan, terjadi peningkatan signifikan pada sebagian besar area, dengan LOS meningkat menjadi A hingga B. Penambahan infrastruktur baru berhasil mendistribusikan arus pejalan kaki secara lebih merata, menurunkan kepadatan, dan meningkatkan efisiensi sirkulasi penumpang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya Pengembangan Stasiun Tanah Abang secara signifikan meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pengguna. Rekomendasi diberikan berupa penerapan pola pergerakan penumpang satu arah, pemisahan arus masuk dan keluar, serta optimalisasi informasi arah untuk menjaga performa pelayanan dalam jangka panjang. Kata kunci: Pejalan kaki, Tingkat Pelayanan, Level of Service (LOS), Pola Pergerakan penumpang, Stasiun Tanah Abang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 25 102
NIM/NIDN Creators: 41121120017
Uncontrolled Keywords: Pejalan kaki, Tingkat Pelayanan, Level of Service (LOS), Pola Pergerakan penumpang, Stasiun Tanah Abang.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi > 711.74 Pedestrian Transportation Facilities/Fasilitas Pejalan Kaki
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.3 Transportation and Storage Buildings/Arsitektur Gedung Sarana Pengangkutan dan Penyimpanan > 725.33 Railroad and Rapid Transit Buildings/Jalan Kereta Api dan Stasiun Persinggahan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:50
Last Modified: 28 Aug 2025 02:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97173

Actions (login required)

View Item View Item