ANALISIS KINERJA OPERASIONAL DAN KEPUASAN PENGGUNA BUS TRANSJAKARTA KORIDOR 7F KP.RAMBUTAN – JUANDA (VIA TOL) DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

ARYANTI, LINA (2025) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL DAN KEPUASAN PENGGUNA BUS TRANSJAKARTA KORIDOR 7F KP.RAMBUTAN – JUANDA (VIA TOL) DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
41121010107 - LINA ARYANTI - 01 Cover.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
41121010107 - LINA ARYANTI - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB II)
41121010107 - LINA ARYANTI - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] Text (BAB III)
41121010107 - LINA ARYANTI - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB IV)
41121010107 - LINA ARYANTI - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text (BAB V)
41121010107 - LINA ARYANTI - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41121010107 - LINA ARYANTI - 07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41121010107 - LINA ARYANTI - 08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

TransJakarta memegang peranan vital dalam mobilitas masyarakat, terutama koridor 7F yang menjadi salah satu rute penting karena menghubungkan wilayah timur Jakarta ke pusat kota dengan waktu tempuh yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operasional TransJakarta koridor 7F, menganalisis kepuasan penumpang, serta mengidentifikasi indikator kinerjja operasional dan pelayanan yang perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode QFD. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PerGub DKI Jakarta, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Saticfation Index (CSI), dan Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil evaluasi TransJakarta koridor 7F, penilaian akhir kinerja operasional bus berada dalam kategori sedang dengan bobot penilaian sebesar 13 pada pagi hari dan bobot penilaian sebesar 15 pada sore hari. Kepuasan penumpang terhadap kinerja pelayanan TransJakarta Koridor 7F dengan menggunakan metode CSI memperoleh hasil sebesar 84,92%. Berdaasarkan analisis dengan menggunakan metode IPA dan QFD, terdapat 4 indikator yang berada dalam kuadran I. Indikator tersebut menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. Indikator-indikator tersebut meliputi: jumlah petugas per tipe bus; persentase kegelapan kaca samping kendaraan; fasilitas pelataan kesehatan; dan jumlah kursi prioritas dalam bus.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41121010107
Uncontrolled Keywords: TransJakarta, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), Quality Function Deployment (QFD)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 600.1-600.9 Standard Subdivisions of Technology/Subdivisi Standar Dari Teknologi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 601 Philosophy and Theory of Technology/Filsafat dan Teori tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 27 Aug 2025 05:40
Last Modified: 27 Aug 2025 05:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97159

Actions (login required)

View Item View Item