LARASATI, PUTRI (2022) STRATEGI TEKNIK KOMUNIKASI TRAINER NU SKIN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN BRAND AFFILIATE SEBAGAI MITRA BISNIS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
![]() |
Text (Cover)
44215120025-Putri Larasati-01 Cover - Ken Ken (1).pdf Download (365kB) |
![]() |
Text (Bab i)
44215120025-Putri Larasati-02 Bab 1 - Ken Ken.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text (Bab ii)
44215120025-Putri Larasati-03 Bab 2 - Ken Ken.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text (Bab iii)
44215120025-Putri Larasati-04 Bab 3 - Ken Ken.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text (Bab iv)
44215120025-Putri Larasati-05 Bab 4 - Ken Ken.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
![]() |
Text (Bab v)
44215120025-Putri Larasati-06 Bab 5- Ken Ken.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
44215120025-Putri Larasati-07 Daftar Pustaka - Ken Ken.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
44215120025-Putri Larasati-08 Lampiran - Ken Ken.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
Abstract
Trainer/fasilitator/guru adalah sebuah profesi mulia yang mencetak sumber daya manusia berkualitas bagi Indonesia, atau membantu orang-orang mewujudkan harapan, impian, serta tujuan mereka. Itulah mengapa profesi ini menjadi peran vital bagi organisasi atau perusahaan tempatnya bernaung. Komponen sikap mengandung tiga domain, yaitu kognitif (kesadaran), afektif (perasaan), konatif (perilaku). Sejalan dengan paradigma konstruktivisme sebagai teori perkembangan kognitif yang menekankan peran aktif peserta dalam membangun pemahaman mereka sendiri tentang pengetahuan yang dipelajarinya. Slavin mengungkapkan konstruktivisme dalam sejarah pendidikan lahir dari gagasan-gagasan Piaget dan Vigotsky yang menekankan bahwa perkembangan kognitif terjadi jika konsepsi-konsepsi yang telah dipahami sebelumnya diolah melalui proses ketidakseimbangan dalam upaya memahami informasi baru. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menemukan strategi teknik komunikasi yang digunakan para Trainer Nu Skin Indonesia dalam meningkatkan pemahaman para Brand Affiliate sebagai mitra bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer melalui pengamatan, lembar coaching atau performance review, serta wawancara mendalam dengan narasumber terkait, dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan melalui teori-teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu Trainer yang sukses mengadopsi dua strategi komunikasi informatif dan persuasif dalam setiap pelatihan dan pelayanan untuk meningkatkan pengetahuan para mitra bisnis. Lalu para Trainer membutuhkan media untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan melalui pengayaan kursus yang difasilitasi perusahaan, dan selanjutnya dibutuhkan bimbingan berupa coaching per semester atau per enam bulan sekali untuk terus mengasah kemampuan kecakapan dan berkomunikasi. Trainer/facilitator/teacher is a noble profession that make a good quality human resources for Indonesia, or helps people achieve their hopes, dreams, and goals. That is why this profession becomes a vital role for the organization or company where them work. The components of attitude contain three domains, which is cognitive (awareness), affective (feeling), conative (behavior). In line with the paradigm of constructivism as a theory of cognitive development that emphasizes the active role of participants in building their own understanding of the knowledge they learn. Slavin reveals that constructivism in the history of education was born from the ideas of Piaget and Vigotsky which emphasized that cognitive development occurs if previously understood conceptions are processed through an imbalance process in an effort to understand new information. In this study, researchers wanted to find the technique of communication strategy in guiding and improving the competence of Nu Skin Indonesia Trainer’s. This research uses qualitative approach with case study of research method. Data collection techniques used in this study are using primary data through observations, coaching sheets or performance reviews, as well as in-depth interviews with relevant sources, and secondary data in the form of literature studies through relevant theories. The results showed that there was one trainer who successfully adopted of two communication strategies which is informative and persuasive in every training and service to increase the knowledge of business partners. Then the Trainer’s need media to improve their skills and knowledge through enrichment courses facilitated by the company, and then guidance in the form of coaching per semester or every six months to increasing skills and communication skills.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44215120025 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Teknik Komunikasi, Trainer. Strategy, Technique Communication, Trainer. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Maulana Arif Hidayat |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:55 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:55 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |