NISA, NURUL (2025) ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM KERETA REL LISTRIK (STUDI KASUS: KRL RUTE TANAH ABANG - RAWA BUNTU). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (485kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
With the development of the business district in BSD the increase in the number of companies and workers attracts more vehicles to the area, potentially causing congestion. Based on Jabodetabek Commuter Statistics 2023 Volume 3, 2024 the main mode of transportation used to commute to/from the place of activity is 79% using private vehicles, even though the BSD area already has access to public transportation systems, one of which is the Electric Rail Train (KRL). This study aims to examine what factors make travelers choose private vehicles compared to public transportation and what scenarios can be applied so that private vehicle users can switch to KRL. This research applies the Stated Preference technique which is then analyzed using linear regression. The transportation mode selection model used is a binary logit difference model to identify the relationship between the response variable of travelers' choice (Y) with changes in attributes, such as travel time (X1), travel cost difference (X2), and access time to the nearest station (X3). Based on the results of the analysis, the variables that affect mode selection are travel time X1, X2, and X4. The utility equation Ump- Ukrl = 5.664 + (-0.0755) (travel time) + (-0.0001) (travel cost) + (- 0.0530) (access time). The analysis shows that a person's decision to choose a mode of transportation is influenced by travel time, travel costs, and access time. The faster, cheaper, and easier to access a mode of transportation, the greater the probability of users to choose it. Based on these findings, it is recommended that public transportation managers improve the access time and convenience of KRL to attract more private vehicle users. Keywords: KRL, Mode Selection, Difference Binary Logit Method Dengan berkembangnya kawasan bisnis di BSD peningkatan jumlah perusahaan dan pekerja menarik lebih banyak kendaraan ke daerah tersebut, yang berpotensi menyebabkan kemacetan. Berdasarkan Statistik Komuter Jabodetabek 2023 Volume 3, 2024 moda transportasi utama yang digunakan untuk pulang-pergi ke/dari tempat kegiatan adalah 79% menggunakan kendaraan pribadi, padahal kawasan BSD sudah memiliki akses sistem transportasi public salah satunya adalah Kereta Rel Listrik (KRL).Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor apa saja yang membuat pelaku perjalanan memilih kendaraan pribadi dibanding dengan transportasi umum dan skenario apa yang bisa diterapkan agar pengguna kendaraan pribadi bisa berpindah ke KRL. Penelitian ini mengaplikasikan teknik Stated Preference yang kemudian dianalisis menggunakan regresi linier. Model pemilihan moda transportasi yang digunakan adalah model logit biner selisih untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel respon pilihan pelaku perjalanan (Y) dengan perubahan atribut, seperti waktu tempuh perjalanan (X1), selisih biaya perjalanan (X2), waktu tunggu (X3), dan waktu akses ke stasiun terdekat (X4). Berdasarkan hasil analisis, variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan moda yaitu waktu tempuh perjalanan X1, X2, dan X4. Didapatkan persamaan utilitas Ump– Ukrl = 5,664 + (-0,0755) (waktu tempuh) + (-0,0001) (biaya perjalanan) + (- 0,0530) (waktu akses). Analisis menunjukkan bahwa keputusan seseorang dalam memilih moda transportasi dipengaruhi oleh waktu tempuh, biaya perjalanan, dan waktu akses. Semakin cepat, murah, dan mudah akses suatu moda transportasi, maka semakin besar probabilitas pengguna untuk memilihnya. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pengelola transportasi umum meningkatkan waktu akses dan kenyamanan KRL untuk menarik lebih banyak pengguna kendaraan pribadi. Kata Kunci : KRL, Pemilihan Moda, Metode Logit Biner Selisih, Stated Preference
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP. 25 081 |
NIM/NIDN Creators: | 41122110001 |
Uncontrolled Keywords: | KRL, Pemilihan Moda, Metode Logit Biner Selisih, Stated Preference |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | khalimah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:35 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |