SAHLANI, MOHAMAD (2021) MODEL PUBLIC RELATIONS SYARIAH DALAM PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 (Studi Kasus Komunikasi Organisasi Partai Keadilan Sejahtera Kota Tangerang). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (548kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
Abstract
The Covid-19 that hit Indonesia and even the world made the central government and regional governments try to prevent and anticipate its spread, even many organizations outside the government such as political organizations through public relations activities also tried to help the government. The purpose of this research is to obtain a sharia public relations model in accelerating the handling of Covid-19 carried out by the public relations of the Prosperous Justice Party of Tangerang City. Where the Tangerang City PKS, through its public relations, has accelerated the handling of Covid-19 in helping the community, including conducting counseling about the dangers of Covid-19 and how to avoid it, distributing masks and basic necessities to the community and spraying disinfectants for free. This study seeks to find a sharia public relations model in accelerating the handling of COVID-19 through a qualitative approach. In this study, the theory of Excellence, Grunig & Hunt is used where this theory emphasizes the aspects of education, compromise and negotiation by using the Two way asymmetric model and the two way symmetric model. The research is structured referring to the constructivist paradigm where the object of this research is the public relations of PKS Tangerang City. The results of this study found a combination of public relations activities and sharia concepts in accelerating the handling of COVID-19 by inviting the public in two-way communication activities that educate dialogically through two-way asymmetric and two-way symmetric models. Keywords: Corporate of Public relations, Sharia Concepts, PKS Tangerang City, Covid-19 Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia membuat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah berusaha melakukan upaya pencegahan dan mengantisipasi menyebarannya bahkan banyak organisasi yang diluar pemerintah seperti organisasi politik melalui kegiatan public relations berusaha pula membantu pemerintah. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model public relations syariah dalam percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh public relations Partai Keadilan Sejahtera Kota Tangerang. Dimana PKS Kota Tangerang ini melalui public relations nya melakukan percepatan penanganan Covid-19 dalam membantu masyarakat diantaranya melakukan penyuluhan tentang bahaya Covid-19 dan bagaimana cara agar terhindar dari Covid-19, pembagian masker dan sembako kepada masyarakat dan penyemprotan disinfektan secara gratis. Penelitian ini berusaha menemukan model public relations syariah dalam percepatan penanganan Covid-19 melalui pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini memakai Teori Excellence, Grunig & Hunt dimana teori ini lebih menekankan pada aspek edukasi, kompromi dan negosiasi dengan menggunakan Model Two way asymmetric dan model two way symmetric. Penelitian yang disusun mengacu pada paradigma konstruktivis dimana objek penelitian ini pada public relations PKS Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menemukan perpaduan antara aktifitas public relations dan konsep syariah dalam percepatan penanganan Covid-19 dengan mengajak publik dalam aktifitas komunikasi dua arah yang mengedukasi secara dialogis melalui model two way asymmetric dan two way symmetric. Keywords: Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia membuat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah berusaha melakukan upaya pencegahan dan mengantisipasi menyebarannya bahkan banyak organisasi yang diluar pemerintah seperti organisasi politik melalui kegiatan public relations berusaha pula membantu pemerintah. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model public relations syariah dalam percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh public relations Partai Keadilan Sejahtera Kota Tangerang. Dimana PKS Kota Tangerang ini melalui public relations nya melakukan percepatan penanganan Covid-19 dalam membantu masyarakat diantaranya melakukan penyuluhan tentang bahaya Covid-19 dan bagaimana cara agar terhindar dari Covid-19, pembagian masker dan sembako kepada masyarakat dan penyemprotan disinfektan secara gratis. Penelitian ini berusaha menemukan model public relations syariah dalam percepatan penanganan Covid-19 melalui pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini memakai Teori Excellence, Grunig & Hunt dimana teori ini lebih menekankan pada aspek edukasi, kompromi dan negosiasi dengan menggunakan Model Two way asymmetric dan model two way symmetric. Penelitian yang disusun mengacu pada paradigma konstruktivis dimana objek penelitian ini pada public relations PKS Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menemukan perpaduan antara aktifitas public relations dan konsep syariah dalam percepatan penanganan Covid-19 dengan mengajak publik dalam aktifitas komunikasi dua arah yang mengedukasi secara dialogis melalui model two way asymmetric dan two way symmetric. Keywords: Corporate Public relations, Konsep Syariah, PKS Kota Tangerang, Covid-19
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CD/552. 25 018 |
NIM/NIDN Creators: | 55218110053 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate Public relations, Konsep Syariah, PKS Kota Tangerang, Covid-19 |
Subjects: | 200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan 900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910 Geography and Travel/Geografi dan Perjalanan > 910.1-910.9 Standard Subdivisions of Geography and Travel/Subdivisi Standar dari Geografi dan Perjalanan > 910.2 Miscellany of Travel/Aneka Ragam tentang Perjalanan > 910.22 Illustrations, Models, Miniatures/Ilustrasi, Model, Miniatur |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | khalimah |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 05:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 05:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |