RESEPSI AUDIENS PADA KONTEN PEREMPUAN DAN KESEMPATAN DI KANAL YOUTUBE MENJADI MANUSIA (Studi Resepsi Atas Stigma Perempuan Dalam Budaya Patriarki)

Exaudi, Sherlin (2025) RESEPSI AUDIENS PADA KONTEN PEREMPUAN DAN KESEMPATAN DI KANAL YOUTUBE MENJADI MANUSIA (Studi Resepsi Atas Stigma Perempuan Dalam Budaya Patriarki). S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (FILE COVER)
44521010054-Sherlin Exaudi-01 Cover - Sherlin Exaudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB I)
44521010054-Sherlin Exaudi-02 Bab 1 - Sherlin Exaudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB II)
44521010054-Sherlin Exaudi-03 Bab 2 - Sherlin Exaudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB III)
44521010054-Sherlin Exaudi-04 Bab 3 - Sherlin Exaudi.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
44521010054-Sherlin Exaudi-05 Bab 4 - Sherlin Exaudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB V)
44521010054-Sherlin Exaudi-06 Bab 5 - Sherlin Exaudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44521010054-Sherlin Exaudi-08 Daftar Pustaka - Sherlin Exaudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44521010054-Sherlin Exaudi-09 Lampiran - Sherlin Exaudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Budaya patriarki yang menempatkan laki-laki di pusat kekuasaan masih mengakar kuat di Indonesia, menyebabkan ketimpangan gender dalam representasi perempuan. Namun, YouTube membuka ruang bagi narasi yang mendekonstruksi struktur ini, seperti konten Perempuan Dan Kesempatan dari Menjadi Manusia yang menampilkan figur perempuan kritis terhadap stigma sosial. Penelitian ini dilakukan untuk membahas pemaknaan audiens pada konten Perempuan Dan Kesempatan di kanal YouTube Menjadi Manusia, dengan menggunakan Teori Encoding-Decoding Stuart Hall. Teori ini menjelaskan bahwa audiens dapat menerima, menegosiasikan, atau menolak pesan yang dikodekan oleh kreator berdasarkan pengetahuan, pengalaman, ataupun latar belakang sosial budayanya. Adapun paradigma penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode analisis resepsi. Data diperoleh dari wawancara mendalam, serta data sekunder diperoleh dari artikel pendukung, konten media sosial Menjadi Manusia, dan literatur akademik. Teknik pemeriksaan keabsahaan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi decoding audiens bervariasi secara signifikan terhadap ketiga konten yang dianalisis. Pada konten yang menyoroti pemberdayaan perempuan dan isu ketimpangan gender di bidang olahraga, mayoritas audiens cenderung berada pada posisi dominan-hegemonik atau negosiasi. Namun, pada konten yang membahas tantangan spesifik dalam karier, respons audiens jauh lebih beragam, di mana ditemukan ketiga posisi decoding: hegemoni-dominan (setuju adanya hambatan karier perempuan), negosiasi (mengakui tantangan karier tetapi melihatnya universal juga bagi pria), serta oposisi (merasa narasi tersebut tidak relevan dengan pengalaman mereka). Pola ini menegaskan bahwa proses decoding sangat dipengaruhi oleh latar belakang audiens (frameworks of knowledge dan relations of production) serta karakteristik spesifik dari setiap konten media. Hasil analisis resepsi menunjukkan bahwa ketiga konten memicu pola pemaknaan yang berbeda pada audiens, sejalan dengan fokus pesan masing-masing. Ini menegaskan bahwa audiens adalah penerima pesan yang aktif, memaknai konten berdasarkan latar belakang mereka yang beragam. A patriarchal culture that places men at the center of power remains deeply rooted in Indonesia, leading to gender inequality in women's representation. However, YouTube provides space for narratives that deconstruct this structure, such as the Perempuan Dan Kesempatan content from Menjadi Manusia which features female characters who criticize social stigma. This research was conducted to discuss audience interpretations of the Perempuan Dan Kesempatan content on the Menjadi Manusia YouTube channel, using Stuart Hall's Encoding- Decoding Theory. This theory explains that audiences can accept, negotiate, or reject messages encoded by creators based on their knowledge, experience, or sociocultural background. This research using a constructivist paradigm with reception analysis methods. Data were obtained through in-depth interviews, while secondary data were collected from supporting articles, social media content about Menjadi Manusia and academic literature. Source triangulation was used to verify data validity. The study results show that audience decoding positions varied significantly across the three content areas analyzed. For content highlighting women's empowerment and gender inequality in sports, most audiences tended to occupy either a dominant-hegemonic or negotiating position. However, for content addressing specific career challenges, audience responses were much more diverse, with three decoding positions identified: hegemonic-dominant (agreeing with the existence of career barriers for women), negotiating (acknowledging career challenges but considering them universally relevant for men), and oppositional (feeling the narrative irrelevant to their experiences). This pattern confirms that the decoding process is strongly influenced by audience background (knowledge frameworks and production relations) as well as the specific characteristics of each media content. The reception analysis results show that the three types of content evoke different interpretation patterns in audiences, depending on the focus of each message. This confirms that audiences are active message recipients, interpreting content based on their diverse backgrounds.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44521010054
Uncontrolled Keywords: resepsi audiens, stigma perempuan, budaya patriarki, menjadi manusia, youtube audience reception, female stigma, patriarchal culture, menjadi manusia, youtube
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: ZAIRA ELVISIA
Date Deposited: 02 Aug 2025 03:36
Last Modified: 02 Aug 2025 03:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96447

Actions (login required)

View Item View Item