VANIA, CIKAL TIA (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA RANTAU DI JABODETABEK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (554kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
Abstract
Wandering students face various academic and emotional challenges due to the need to adapt to a new environment far from their families. In this context, family support is considered one of the key factors that can help students cope and adjust positively to academic pressures. This study aims to examine the relationship between family support and academic resilience among wandering students. A quantitative approach was employed using a correlational method with accidental sampling, involving 244 participants. The instruments used were the Family Support Scale based on Friedman’s theory and the Academic Resilience Scale developed from Cassidy’s framework. Data were analyzed using IBM SPSS for Windows version 26 with the Spearman correlation test. The results revealed a significant positive relationship between family support and academic resilience. Students who perceived higher levels of family support were more likely to demonstrate greater academic resilience in facing academic stressors and challenges. Keywords: family support, academic resilience, wandering students, correlational study, university students Mahasiswa perantau menghadapi berbagai tantangan baik secara akademik maupun emosional karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang jauh dari keluarga. Dalam situasi ini, dukungan keluarga menjadi salah satu faktor penting yang dapat membantu mahasiswa bertahan dan beradaptasi secara positif dalam menghadapi tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan resiliensi akademik pada mahasiswa perantau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan teknik pengambilan sampel accidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 244 mahasiswa perantau. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Dukungan Keluarga berdasarkan teori Friedman dan skala Resiliensi Akademik berdasarkan teori Cassidy. Analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS for Windows versi 26 menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan resiliensi akademik pada mahasiswa perantau. Semakin tinggi dukungan keluarga yang dirasakan mahasiswa, maka semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam mempertahankan resiliensi akademik di tengah tekanan dan tantangan perkuliahan. Kata Kunci : mahasiswa perantau, dukungan keluarga, resiliensi akademik.
Actions (login required)
![]() |
View Item |