RAHCIMZANI, ANIZA (2012) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA (PERSERO) DALAM MENGELOLA KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI BABELAN-BEKASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
Abstract
Kebutuhan akan praktisi public relations pada perusahaan atau organisasi dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi yang sangat pesat, Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara yang mengelola aset-aset negara, tentunya membutuhkan praktisi public relations dalam mengelola hubungan baik dengan pihak internal maupun eksternal. Untuk melakukan tugas tersebut Pertamina memiliki Divisi Sekertaris Perseroan atau disebut juga Corporate Secretary. Pada penulisan skripsi ini peneliti berusaha memaparkan aktivitas public relations PT Pertamina (Persero) dalam mengelola kegiatan corporate social responsibility kepada publik sebagai reputasi korporat serta untuk mengetahui apakah teori aktivitas public relations yang dipelajari sesuai dengan implementasinya di Pertamina. Dalam mengelola kegiatan corporate social responsibility, Sekretaris Perseroan mimiliki fungsi CSR yang khusus menangani kegiatan corporate social responsibility. Fungsi ini dipimpin oleh seorang Manager bersama timnya untuk melakukan kegiatankegiatan corporate social responsibility mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode studi kasus dengan teknik analisa data kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan wawancara dan observasi kepada narasumber dan data sekundernya didapat melalui dokumen-dokumen seperti laporan perusahaan, dokumentasi perusahaan serta bibliografi yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini menganalisa bagaimana Fungsi CSR mengelola kegiatan corporate social responsibility sebagai aset nasional untuk turut memajukan masyarakat Indonesia yang berlandaskan pada Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dengan demikian dapat terlihat aktivitas yang dilakukan public relations Pertamina melalui kegiatan corporate social responsibilitynya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 015 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | RIZKY MIJKA EDELWEIS |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |