STRATEGI MENGOPTIMALKAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JANGKAUAN DAN MEMPERTAHANKAN KONSUMEN PADA UMKM LALAPAN KELAPA GADING

Sudiaji, Pradito Aryo (2025) STRATEGI MENGOPTIMALKAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JANGKAUAN DAN MEMPERTAHANKAN KONSUMEN PADA UMKM LALAPAN KELAPA GADING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (COVER)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-01 cover - Pradito Sudiaji.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB I)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-Skripsi-02 Bab 1 - Pradito Sudiaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-03 Bab 2 - Pradito Sudiaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-04 Bab 3 - Pradito Sudiaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text (BAB IV)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-05 Bab 4 - Pradito Sudiaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (BAB V)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-06 Bab 5 - Pradito Sudiaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-08 Daftar pustaka - Pradito Sudiaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
43121010423-Pradito Aryo Sudiaji-09 Lampiran - Pradito Sudiaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keberadaan media sosial dengan menghadirkan konten yang mampu menarik minat konsumen guna meningkatkan brand awareness pada UMKM Lalapan Kelapa Gading. Pemanfaatan media sosial telah menjadi aspek penting dalam strategi pemasaran, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), untuk menjangkau audiens lebih luas, meningkatkan interaksi dengan konsumen, serta memperkuat brand awareness. Proyek ini dilakukan pada UMKM Lalapan Kelapa Gading di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. UMKM Lalapan Kelapa Gading merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang yang belum mengoptimalkan media sosial sebagai media promosi secara digital. Konsep yang digunakan pada proyek manajemen media sosial ini yaitu konsep System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari proyek manajemen media sosial pada UMKM Lalapan Kelapa Gading dari segi jobdesc pengembangan jibdesc dan target, hasil dari proyek manajemen media sosial berupa matrik, analisis KPI per-triwulan, pengawasan secara rutin, dan memberikan evaluasi kepada anggota tim. This study aims to optimize the existence of social media by presenting content that can attract consumer interest in order to increase brand awareness at UMKM Lalapan Kelapa Gading. The use of social media has become an important aspect in marketing strategies, especially for Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM), to reach a wider audience, increase interaction with consumers, and strengthen brand awareness. This project was carried out at UMKM Lalapan Kelapa Gading in the Kelapa Gading area, North Jakarta. UMKM Lalapan Kelapa Gading is a business engaged in the culinary field that has not optimized social media as a digital promotional media. The concept used in this social media management project is the System Development Life Cycle (SDLC) concept. The results of the social media management project at UMKM Lalapan Kelapa Gading in terms of job descriptions, job descriptions and target development, the results of the social media management project in the form of matrices, quarterly KPI analysis, routine supervision, and providing evaluations to team members.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43121010243
Uncontrolled Keywords: Proyek Manajemen Media Sosial, Brand Awareness, Meningkatkan Jangkauan, Mempertahankan Konsumen, System Development Life Cycle (SDLC), UMKM Social Media Management Project, Brand Awareness, Increasing Reach, Retaining Customers, System Development Life Cycle (SDLC), MSMEs.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: NAIMAH NUR ISLAMIDIYANAH
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:29
Last Modified: 30 Jun 2025 02:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95930

Actions (login required)

View Item View Item