MOTIVASI DAN KEPUASAN KOMUNITAS INDOSPURS DALAM MENONTON TAYANGAN BARCLAYS PREMIER LEAGUE DI MNC TV DAN GLOBAL TV (PERIODE 2011 -2012)

PUTRATANTO, ADITYA (2013) MOTIVASI DAN KEPUASAN KOMUNITAS INDOSPURS DALAM MENONTON TAYANGAN BARCLAYS PREMIER LEAGUE DI MNC TV DAN GLOBAL TV (PERIODE 2011 -2012). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 Hal Cover.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstraksi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Banyaknya tayangan hiburan yang variatif untuk pemirsa di televisi, tayangan Sports merupakan tayangan program yang banyak ditampilkan oleh stasiun televisi swasta. Tayangan Olahraga Barclays Premier League ini adalah program hiburan dimana tayangan sepakbola yang menyajikan kompetisi sepakbola Inggris terbaik disbanding liga-liga lainnya dan Tayangan Barclays Premier League adalah acara tayangan olahraga yang masih tetap bertahan hingga kini. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Motivasi dan Kepuasan Komunitas Indospurs Dalam menonton Tayangan Barclays Premier League di Mnc Tv dan Global Tv (Periode 2011-2012). Fenomena acara sepakbola yang sangat mendalam buat para seluruh warga indonesia, tidak terkategori dari kalangan, kelas, pendidikan bahkan tingkat pendapatan, seluruh elemen warga indonesia menyukai sepakbola, wanita pun mulai marak menggemari apa yang namanya tayangan sepakbola, dan Tayangan Barclays Premier League adalah titik klimaks atau titik berkumpul nya seluruh fans atau penggemar klub khususnya dari tim liga Inggris itu sendiri. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratification sebagai upaya untuk menemukan apakah pemenuhan kebutuhan atau keinginan publik terarah pada tipe media cetak atau elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan akan hiburan lebih menggunakan media cetak, sedangkan kebutuhan akan hiburan lebih menggunakan media elektonik. Tetapi kajian lain menunjukkan bahwa kepuasan seseorang dapat dipenuhi oleh kedua tipe media tersebut. Kebutuhan akan hiburan misalnya dipenuhi dengan membaca majalah, koran, komik, sedangkan kebutan informasi dapat terpuaskan oleh berita-berita televisi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara fakta dan cermat pada khalayak, yakni member Indospurs regional Jakarta. Dengan menggunakan metode survei, 60 member yang diambil dengan nonprobability sampling, pendapat Suharsimi Arikunto, dimana apabila subjeknya kurang dari 100, maka lebih baik di ambil semua sehingga penelitiannya adalah penelitan populasi. Persentase terbesar dari variabel Motivasi yaitu 100% atau keseluruhan responden mendapatkan informasi Sepakbola ketika menyaksikan tayangan Barclays Premier League di Mnc Tv dan Global Tv, dan 98,33% menumbuhkan keinginan untuk berinteraksi dengan pecinta bola. Hal ini menandakan tayangan Barclays Premier League mempunyai peran penting bagi khalayak untuk mendapatkan informasi tentang sepakbola.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 13 349
NIM/NIDN Creators: 44108010-269
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 04 Jun 2025 04:14
Last Modified: 04 Jun 2025 04:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95714

Actions (login required)

View Item View Item