STRATEGI PROMOSI ON AIR PROGRAM BERITA SEPUTAR INDONESIA DI RCTI ( PERIODE DESEMBER 2009 )

FITRIA, FITRIA (2010) STRATEGI PROMOSI ON AIR PROGRAM BERITA SEPUTAR INDONESIA DI RCTI ( PERIODE DESEMBER 2009 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Persaingan program berita di stasiun televisi yang ada di Indonesia memaksa para insan dunia pertelevisian untuk bersaing dalam menarik pemirsa atau mempertahankan pemirsanya. Tak terkecuali program berita televise, orang-orang dibelakang program berita dituntut untuk berfikir secara cerdas dan kreatif tentang bagaimana mempertahankan jumlah pemirsa yang telah mereka miliki atau bahkan meningkatkan jumlah pemirsa dari yang telah ada sebelumnya. Strategi yang dilakukan tidak hanya terpaku kepada usaha mempertahankan atau memperbaiki kualitas program. Tetapi juga bagaimana promosi program berita televisi yang dilakukan di media sendiri dengan tujuan menjaga eksistensi program berita televisi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mencoba melakukan penelitian untuk memaparkan bagaimana strategi promosi on air ditinjau dari perencanaan, pengorganisasian, eksekusi atau pelaksanaan dan pengawasan atau controlling yang dilaksanakan oleh divisi promo melalui promosi on air program Seputar Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelititan deskriptif hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Dalam penelitian ini dihubungkan wawancara mendalam (indepth interview) dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana suatu strategi promosi on air program seputar Indonesia berpengaruh terhadap eksistensi program seputar Indonesia yang dilakukan terhadap beberapa unsur strategi seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan atau eksekusi, dan pengawasan atau controlling yang diterapkan kemudian diteliti secara sistematis berdasarkan fungsifungsi umum yang ada dalam ilmu strategi. Dari hasil penelitian penulis dapat dikatakan bahwa pihak RCTI dinilai tidak terlalu serius dalam melaksanakan strategi promosi on air program berita satu seputar Indonesia di RCTI periode Desember 2009, baik dari segi kinerja tim maupun pengawasan yang dinilai masih kurang proporsional. Walaupun kenyataannya rating yang diperoleh oleh seputar Indonesia masih berada diatas program sejenis di stasiun televisi berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 085
NIM/NIDN Creators: 44105010218
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 21 May 2025 03:26
Last Modified: 21 May 2025 03:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95571

Actions (login required)

View Item View Item