Nur Fatihah, Gisela (2025) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI BIDANG PAKAIAN ANAK (STUDI KASUS PADA ADR KIDS DI KOTA TANGERANG). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
|
Text (COVER)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 01 Cover - Gisela Nur.pdf Download (481kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 02 Bab 1 - Gisela Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 03 Bab 2 - Gisela Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 04 Bab 3 - Gisela Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 05 Bab 4 - Gisela Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 06 Bab 5 - Gisela Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 08 Daftar Pustaka - Gisela Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
43121010015 - Gisela Nur Fatihah - 09 Lampiran - Gisela Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap penjualan pada UMKM ADR Kids. UMKM termasuk ke dalam sektor perdagangan yang memainkan peran tidak terganti dan menyumbangkan kontribusi luar biasa terhadap perekonomian Indonesia. Namun, salah satu permasalahan yang dialami oleh UMKM adalah tidak mengoptimalkan media sosial secara efektif. UMKM ADR Kids merupakan suatu jenis usaha bergerak di bidang pakaian anak secara online berlokasi di Kota Tangerang yang tidak mengoptimalkan strategi pemasaran dengan media sosial mempengaruhi penjualan. Konsep yang digunakan yaitu SMAC (Social, Mobile, Analysis, dan Cloud) pada proyek sosial media. Platform media sosial menggunakan Instagram, Tiktok, dan Facebook sebagai alat promosi produk UMKM ADR Kids. Tools dalam konten dengan menggunakan Canva, Capcut, Google Drive, Google Spreadsheet, Microsoft Word, Mendeley, Power Point, dan Publish or Perish. Jenis Tampilan konten dan fitur dalam perencanaan pembuatan konten antara lain product knowledge, edukasi, informasi, testimoni, dan interaksi. Hasil dari proyek media sosial menunjukkan bahwa peran strategis content creator dalam merancang dan mengelola strategi pemasaran digital memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan jangkauan, keterlibatan pelanggan, serta pertumbuhan penjualan pada UMKM ADR Kids. Dengan menciptakan perencanaan konten yang terstruktur dan strategi konten yang relevan dan menarik, content creator dapat membantu UMKM dalam meningkatkan daya saing, memperluas jangkauan audiens, serta mencapai target penjualan yang lebih tinggi di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. This study aims to determine the effect of social media on sales at ADR Kids MSMEs. MSMEs are included in the trade sector which plays an irreplaceable role and contributes tremendous contributions to the Indonesian economy. However, one of the problems experienced by MSMEs is not optimizing social media effectively. ADR Kids MSME is a type of business engaged in online children's clothing located in Tangerang City that does not optimize marketing strategies with social media to affect sales. The concept used is SMAC (Social, Mobile, Analysis, and Cloud) in social media projects. Social media platforms use Instagram, Tiktok, and Facebook as a means of promoting ADR Kids MSME products. Tools in content using Canva, Capcut, Google Drive, Google Spreadsheet, Microsoft Word, Mendeley, Power Point, and Publish or Perish. Types of content display and features in content creation planning include product knowledge, education, information, testimonials, and interaction. The results of the social media project show that the strategic role of content creators in designing and managing digital marketing strategies has a significant impact on increasing reach, customer engagement, and sales growth in ADR Kids MSMEs. By creating structured content planning and relevant and engaging content strategies, content creators can help MSMEs increase competitiveness, expand audience reach, and achieve higher sales targets amidst increasingly tight market competition.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 43121010015 |
Uncontrolled Keywords: | Content Creator, Strategi pemasaran, Optimalisasi Media Sosial, Meningkatkan Penjualan, Content Creator, Marketing strategy, Social Media Optimization, Increase Sales, |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | NAIMAH NUR ISLAMIDIYANAH |
Date Deposited: | 09 May 2025 08:11 |
Last Modified: | 09 May 2025 08:11 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |