TAGRID, RUWAIDA (2025) IMPLEMENTASI RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE PADA SISTEM BAHAN BAKAR KAPAL BIOSOLAR B35 PT PELNI (PERSERO). S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
![]() |
Text (COVER)
55122120003-Tagrid Ruwaida-01 Cover - Tagrid Ruwaida.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
55122120003-Tagrid Ruwaida-02 Bab 1 - Tagrid Ruwaida.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
55122120003-Tagrid Ruwaida-03 Bab 2 - Tagrid Ruwaida.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
55122120003-Tagrid Ruwaida-04 Bab 3 - Tagrid Ruwaida.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
55122120003-Tagrid Ruwaida- 05 Bab 4 - Tagrid Ruwaida.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
55122120003-Tagrid Ruwaida-06 Bab 5 - Tagrid Ruwaida.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
55122120003-Tagrid Ruwaida-08 Daftar Pustaka - Tagrid Ruwaida.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
55122120003-Tagrid Ruwaida- 09 Lampiran - Tagrid Ruwaida.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
Abstract
Pemerintah Indonesia mewajibkan penggunaan bahan bakar Biosolar B35 mulai 1 Februari 2023, menghadirkan tantangan baru bagi operasional kapal PT Pelni (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen penyebab kegagalan pada sistem bahan bakar kapal B35, menentukan jenis pemeliharaan yang efektif, serta menghitung biaya pemeliharaan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Penelitian ini menggunakan metode combined method dengan dominan kualitatif, melibatkan analisis FMECA untuk identifikasi kegagalan dan penyusunan task preventif maintenance, serta analisis kuantitatif untuk menghitung keandalan sistem dengan perangkat lunak Minitab 21 sehingga biaya pemeliharaan dapat dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen yang dapat menyebabkan kegagalan pada sistem bahan bakar kapal B35 PT Pelni (Persero) terdiri dari Transfer Pump, Heater, Separator, Filter, Booster Pump dan Fuel Injection Pump. Adapun diantara komponen tersebut yang paling kritis atau memiliki dominan risiko paling tinggi adalah Separator, Filter dan Fuel Injection Pump. Dari 18 tasklist yang dianalisis, Preventive Maintenance (PM) diusulkan menjadi strategi utama pemeliharaan (50%), diikuti Condition Monitoring (39%), dan Failure Finding (11%). Hasil analisis data TTF menggunakan Minitab 21 menunjukkan bahwa data mengikuti distribusi normal. Penerapan RCM pada sistem bahan bakar kapal B35 dapat mengurangi biaya pemeliharaan dengan waktu pemeliharaan optimal (tp) sebesar 2000 jam dan estimasi biaya minimum sebesar Rp 379.244. Indonesian government mandates Biosolar B35 fuel starting from 1
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55122120003 |
Uncontrolled Keywords: | Fuel oil system, Biosolar B35, RCM, Preventif Maintenance, FMECA Fuel Oil System, Biosolar B35, RCM, Preventive Maintenance, FMECA |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | SUTRA DEWANGGA |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 03:18 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 03:18 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |