SAPUTRO, FARHANS AGUNG (2025) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG BERSINYAL TIGA KAKI PADA JALAN RAYA BOGOR - JALAN RAYA CIRACAS MENGGUNAKAN PKJI 2023. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 01 Cover.pdf Download (696kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
41120010099 - Farhans Agung Saputro - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
Abstract
Seiring dengan perubahan zaman, peningkatan mobilitas manusia dan barang semakin meningkat. Hal ini berdampak pada meningkatnya kebutuhan alat transportasi, karena hal tersebut peningkatan jumlah kendaraan meningkat yang mengakibatkan kepadatan lalu lintas. Terdapat kepadatan atau biasa disebut kemacetan lalu lintas pada beberapa titik jalan di Kota Jakarta Timur, salah satunya terdapat di Jalan Raya Bogor – Jalan Raya Ciracas, Ciracas, Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan dan simpang bersinyal Jalan Raya Bogor – Jalan Raya Ciracas dan memberikan solusi alternatifuntuk kinerja simpang bersinyal Jalan Raya Bogor – Jalan Raya Ciracas. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode traffic counter dan menggunakan perhitungan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Hasil analisis kinerja simpang bersinyal pada eksisting yaitu nilai derajat kejenuhan untuk lengan utara 1,008, lengan selatan 0,8231, lengan timur 0,8645 pada jam puncak sore. Panjang antrean pada lengan utara 291,71 m, lengan selatan 160,00 m, lengan timur141,94 m. Tundaan simpang rata – rata sebesar 92,61 detik sehingga tingkat pelayanan simpang termasuk dalam kategori “F”. Alternatif solusi yaitu menerapkan belok kiri semua pada lengan timur. Hasil dari alternatif solusi pendekat Timur yaitu nilai derajat kejenuhan untuk lengan utara 0,668, lengan selatan 0,813 pada jam puncak sore. Panjang antrean pada lengan utara 61,00 m, dan lengan selatan 73,77 m pada jam puncak sore. Tundaan simpang rata – rata 21,75 detik yang menyebabkan peningkatan tingkat pelayanan simpang menjadi kategori “C”. Hasil dari alternatif solusi pendekat Selatan yaitu nilai derajat kejenuhan untuk lengan utara 0,822, lengan timur 0,681 pada jam puncak sore. Panjang antrean pada lengan utara 88,81 m, dan lengan timur 53,18 m pada jam puncak sore. Tundaan simpang rata – rata 23,90 detik yang menyebabkan peningkatan tingkat pelayanan simpang menjadi kategori “C”. Sedangkan untuk kinerja ruas Jalan Raya Bogor – Jalan Raya Ciracas didapat hasil derajat kejenuhan arah Cijantung sebesar 0,55, arah Cimanggis sebesar 0,72. Tingkat pelayanan ruas jalan termasuk dalam kategori “C”. Maka solusi tersebut efektif untuk ruas simpang bersinyal dan tidak diperlukan solusi untuk ruas jalan.
Actions (login required)
![]() |
View Item |