ANALISA PENGARUH GEOMETRIK U-TURN TERHADAP KAPASITAS JALAN PADA RUAS JALAN TMP-TARUNA KOTA TANGERANG

PUTRA, MUHAMMAD FARHAN SYAH (2025) ANALISA PENGARUH GEOMETRIK U-TURN TERHADAP KAPASITAS JALAN PADA RUAS JALAN TMP-TARUNA KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

U-Turn or U-turn is one of the important elements in the traffic system that allows vehicles to turn around. On the TMP-Taruna road there is a U-Turn with a slightly uphill geometric condition due to the presence of a river. So a study was conducted by calculating the level of road capacity due to the U-Turn with a slightly uphill condition. At peak hours there are queues and delays due to the UTurn and also high volume levels. Then from the results of the survey that was carried out directly to obtain data on vehicle volume, vehicle queues, delays,. road capacity calculations were carried out using the 2023 PKJI guidelines as a standard for road capacity, and VISSIM software modeling was also carried out to obtain a comparative value of the conditions from the results of VISSIM software modeling with existing conditions. Based on the results of the analysis carried out on the TMP-Taruna road using the 2023 PKJI guidelines, the TMP-Taruna road section shows results that exceed its capacity during peak hours, namely the volume value at the busiest hour of 7549 Smp/hour and the capacity value of 3,026 Smp/hour. From the results of the vissim modeling, a relatively small difference was obtained, namely 254 Smp/hour for the x-direction road section (towards the town square). The vissim modeling results show that the queue and delay values are still at a value of <5% with this value the u-turn condition is still quite appropriate because the volume value of vehicles making a U-turn on the x-direction road is 3778.25 smp/hour. The LOS value conditions on the TMP-Taruna road section are also in accordance with existing conditions, namely LOS F or Very susceptible to congestion. Keywords: U-Turn, VISSIM, Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI) 2023 U-Turn atau putar balik merupakan salah satu elemen penting dalam sistem lalu lintas yang memungkinkan kendaraan untuk berbalik arah. Di jalan TMP-Taruna memiliki UTurn yang dengan kondisi gemetrik yang sedikit menanjak di karenakan adanya sungai. Sehingga di lakukan penelitian dengan menghitung tingkat kapasistas jalan dikarena adanya U-Turn dengan kondisi sedikit menanjak. Pada jam puncak terjadinya antrian dan tundaan yang di akibat kan adanya U-Turn dan juga tinggt volume yang tinggi Kemudian dari hasil survey yang di lakukan secara langsung untuk mendapatkan data volume kendaraan, antrian kendaraan, tundaa,. di lakukan perhitungan kapasitas jalan dengan menggunakan pedoman PKJI 2023 sebagai standar kapasitas jalan, dan juga di lakukan pemodelan software VISSIM untuk mendapatkan nilai perbandingan kondisi dari hasil pemodelan software VISSIM dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil analisa yang di lakukan pada jalan TMP-Taruna dengan menggunakan pedoman PKJI 2023 ruas jalan TMP-Taruna menunjukan hasil yang melebihi kapasitasnya pada jam sibuk yaitu nilai volume pada jam tersibuk sebesar 7549 Smp/Jam dan nilai kapasitas nya yaitu 3.026 Smp/jam, Dari hasil pemodelan vissim mendapatkan selisih yang relative kecil yaitu 254Smp/jam untuk ruas jalan arah x (menuju alun-alun). Nilai hasil pemodelan vissim menunjukkan bahwa nilai antrean dan tundaan masih berada di nilai <5% dengan nilai tersebut kondisi u-turn masih cukup sesuai karena nilai volume kendaraan yang melakukan U-turn pada jalan arah x yaitu sebesar 3778.25 smp/jam. Kondisi nilai LOS pada ruas jalan TMP-Taruna juga sesuai dengan kondisi eksisting Yaitu LOS F atau Sangat rentan terhadap kemacetan. Kata Kunci : U-Turn,VISSIM, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 25 060
NIM/NIDN Creators: 41120010092
Uncontrolled Keywords: U-Turn,VISSIM, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 512 Algebra/Aljabar > 512.5 Linear, Multilinear, Multidimensional Algebra/Aljabar Linear, Multilinear, Aljabar Multidimensional > [512.53] Algebras Defined by Dimension of Spaces and Other Geometric Algebras/Algebras Didefinisikan dengan Dimensi Ruang dan Aljabar Geometrik Lainnya
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 512 Algebra/Aljabar > 512.9 Foundations of Algebra/Dasar-dasar Aljabar > 512.93 Simple Algebraic and Geometric Progressions/Aljabar Sederhana dan Perkembangan Geometrik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas > 536.6 Calorimetry, Heat Capacity/Kalorimetri, Kapasitas Kalor
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 11 Apr 2025 01:24
Last Modified: 11 Apr 2025 01:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95142

Actions (login required)

View Item View Item