AULIA, FITRI (2025) PERANCANGAN SHORT MOVIE SEBAGAI KAMPANYE MELAWAN TINDAKAN TOXIC MASCULINITY. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
42316210007 - Fitri Aulia - 01 Cover.pdf Download (406kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
42316210007 - Fitri Aulia - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
42316210007 - Fitri Aulia - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
42316210007 - Fitri Aulia - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
42316210007 - Fitri Aulia - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
42316210007 - Fitri Aulia - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
42316210007 - Fitri Aulia - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
42316210007 - Fitri Aulia - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
Abstract
Perundungan verbal melalui media sosial sering dijumpai salah satunya disebabkan oleh fenomena Toxic Masculinity yang terjadi sesama antar gender dimana laki - laki dibedakan berdasarkan standar maskulinitas tradisional yang menimbulkan tindakan dan perilaku buruk terhadap laki - laki tertentu yang dinilai tidak sesuai dengan standar maskulinitas tradisional. Kurangnya kesadaran di masyarakat memerlukan sebuah gerakan kampanye agar masyarakat dapat memahami bagaimana maskulinitas tercipta dengan beragam di setiap kalangan yang berbeda. Maka dengan adanya perancangan ini, Penulis dapat membangun gerakan untuk memberikan kesadaran pada masyarakat mengenai tindakan buruk Toxic Masculinity yang dilakukan tanpa disadari. Dalam perancangan ini penulis mengimplementasikan sebuah kampanye melalui media short movie dengan format file mp4. Perancangan ini didasari dari penggunaan teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak atau disebut dengan video yang di era ini sedang marak menjelajahi kehidupan masyarakat. Media tersebut berkembang melalui situs berbagi video mulai dari aplikasi hingga website. Konsep dari perancangan melalui short movie ini yaitu menciptakan sebuah cerita dengan plot twist dengan aspek visual berdasarkan ilmu cinematografi atau tatanan visual bergerak. Dalam membangun empati dan reaksi di masyarakat yang dirasa implementasi media dalam perancangan ini dapat lebih mudah dicerna dan dekat di masyarakat. Di karenakan unsur dari short movie yang bersifat lengkap dan cukup interaktif secara penglihatan dan pendengaran.
Actions (login required)
![]() |
View Item |