PUTRI, NAURAH APRILIA (2025) PENGARUH TERPAAN VIDEO “WONDERLAND INDONESIA CHAPTER 1” DI YOUTUBE CHANNEL ALFFY REV TERHADAP SIKAP RASA CINTA BUDAYA INDONESIA BAGI GEN Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
![]() |
Text (COVER)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-01 Cover - Naurah Aprilia.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB I)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-02 Bab 1 - Naurah Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text (BAB II)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-03 Bab 2 - Naurah Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB III)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-04 Bab 3 - Naurah Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-05 Bab 4 - Naurah Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
![]() |
Text (BAB V)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-06 Bab 5 - Naurah Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-07 Daftar Pustaka - Naurah Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
44121010075-Naurah Aprilia Putri-08 Lampiran - Naurah Aprilia.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Di era globalisasi, arus budaya asing semakin deras memasuki Indonesia, menyebabkan tantangan dalam menjaga kelestarian budaya nasional. Untuk mencegah lunturnya identitas budaya Indonesia, diperlukan langkah-langkah strategis yang memanfaatkan teknologi sebagai alat pelestarian. Salah satu platform yang efektif dalam mendokumentasikan dan menyebarkan kekayaan budaya adalah YouTube. Melalui media ini, berbagai aspek budaya Indonesia dapat disajikan dalam bentuk video yang menarik dan kreatif. Salah satu contohnya adalah video YouTube berjudul ”Wonderland Indonesia Chapter 1” yang diproduksi oleh Alffy Rev. Video ini menghadirkan perpaduan elemen musik, seni, dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, menjadikannya sebagai media promosi budaya yang inovatif di era digital. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dan mengukur sejauh mana terpaan video "Wonderland Indonesia Chapter 1" di Youtube Channel Alffy Rev berpengaruh terhadap sikap rasa cinta budaya Indonesia bagi generasi z. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah pengaruh terpaan media sebagai variabel independen dan sikap rasa cinta budaya sebagai variabel dependen. Penelitian ini melibatkan 400 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara variabel X (Pengaruh Terpaan Video) dan variabel Y (Sikap Rasa Cinta Budaya) memiliki nilai sebesar 0,831 berdasarkan Pearson Product Moment. Nilai ini lebih besar dari rtabel 0,098, yang menunjukkan hubungan sangat kuat dan positif (+). Artinya, terdapat pengaruh signifikan antara terpaan video “Wonderland Indonesia Chapter 1” dengan sikap cinta budaya Gen Z. In the era of globalization, the flow of foreign cultures is increasingly entering Indonesia, causing challenges in maintaining the sustainability of national culture. To prevent the fading of Indonesian cultural identity, strategic steps are needed that utilize technology as a preservation tool. One effective platform in documenting and disseminating cultural wealth is YouTube. Through this media, various aspects of Indonesian culture can be presented in the form of interesting and creative videos. One example is the YouTube video entitled "Wonderland Indonesia Chapter 1" produced by Alffy Rev. This video presents a combination of music, art, and cultural elements from various regions in Indonesia, making it an innovative cultural promotion media in the digital era. The purpose of this study was to see and measure the extent to which exposure to the video "Wonderland Indonesia Chapter 1" on Alffy Rev's YouTube Channel influenced the attitude of love for Indonesian culture for generation z. This study used a survey method with a quantitative approach. The variables studied were the influence of media exposure as an independent variable and the attitude of love for culture as a dependent variable. This study involved 400 respondents selected using purposive sampling techniques based on certain criteria. The results of the study show that the correlation between variable X (Influence of Video Exposure) and variable Y (Attitude of Cultural Love) has a value of 0.831 based on Pearson Product Moment. This value is greater than rtable 0.098, which indicates a very strong and positive relationship (+). This means that there is a significant influence between exposure to the video "Wonderland Indonesia Chapter 1" and the attitude of loving Gen Z culture.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44121010075 |
Uncontrolled Keywords: | Globalisasi, YouTube, Terpaan Media, Sikap Cinta Budaya, Gen Z Globalization, YouTube, Media Exposure, Cultural Love Attitude, Gen Z |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | FHADHILAH SHAFA ARISTA |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 04:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |