NAFISAH, JAUHAROTUN (2025) PENGARUH GREEN MARKETING DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP DAYA SAING UMKM KERIPIK TEMPE DI KOTA MALANG DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S2 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 01 COVER.pdf Download (331kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
55122010020 - Jauharotun Nafisah - 08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing dan digital marketing terhadap daya saing UMKM yang dimediasi oleh brand image. Objek penelitian ini adalah pelaku UMKM di sektor keripik tempe di Kota Malang, dengan data dikumpulkan dari 150 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan pendekatan yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image Selanjutnya, brand image juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM. Green marketing yang dimediasi oleh brand image berpengaruh positif terhadap daya saing. Demikian pula, digital marketing yang dimediasi oleh brand image juga berpengaruh positif terhadap daya saing, Berdasarkan hasil ini, penelitian merekomendasikan agar UMKM keripik tempe di Kota Malang mengoptimalkan alat komunikasi digital, memperkuat strategi branding, menetapkan harga sesuai nilai tambah produk, dan menerapkan praktik ramah lingkungan. Penelitian mendatang disarankan untuk mempertimbangkan variabel lain yang mempengaruhi daya saing UMKM serta mengadopsi pendekatan multi-metode untuk wawasan yang lebih komprehensif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55122010020 |
Uncontrolled Keywords: | Green Marketing, Digital Marketing, Brand Image, Daya Saing, UMKM Keripik Tempe |
Subjects: | 400 Language/Bahasa > 400. Language/Bahasa > 406 Organizations and management/Organisasi dan Manajemen 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Rifky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 08:36 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 08:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |