ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP UNGGAHAN AKUN TIKTOK @pilem.agak.laen DALAM MENUNJANG PROMOSI FILM TAHUN 2024

PRATAMA, FIKRI ARVANDRA (2025) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP UNGGAHAN AKUN TIKTOK @pilem.agak.laen DALAM MENUNJANG PROMOSI FILM TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

TikTok is a short-form video-based social media platform that allows users to create, edit, and share videos ranging from 15 seconds to 3 minutes in duration. The use of TikTok as a promotional platform for films has become an increasingly popular strategy in the entertainment industry, as demonstrated by the account @pilem.agak.laen in promoting their latest film. This research aims to understand the reception of the TikTok account @pilem.agak.laen's posts in supporting the promotion of films in 2024. The theory used is reception theory proposed by Stuart Hall, which focuses on audience reception through decoding or interpreting the messages conveyed by the media, thus emphasizing the audience rather than the media itself. Hall also positions the audience in three interpretive positions: dominant, negotiated, and oppositional. This study employs a constructivist paradigm to understand the experiences and reactions of viewers towards film marketing. The research uses a qualitative approach with a reception analysis method. The results indicate that in terms of supporting the promotion of the film "Agak Laen," released in 2024, it falls into the dominant position. Creative and varied content can capture the audience's attention, with unique elements such as a night market theme enhancing viewer interest. The audience can assess the TikTok content of @pilem.agak.laen in delivering its film promotion creatively, which piques followers' curiosity and generates positive responses on the TikTok platform. Keywords: reception; audience; social media; TikTok; movie promotion TikTok adalah platform media sosial berbasis video pendek yang memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengedit, dan berbagi video dengan durasi antara 15 detik hingga 3 menit. Penggunaan media sosial TikTok sebagai platform promosi untuk film telah menjadi strategi yang semakin populer dalam industri hiburan, seperti yang dilakukan oleh akun @pilem.agak.laen dalam mempromosikan film terbaru mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi unggahan akun TikTok @pilem.agak.laen dalam menunjang promosi film di tahun 2024. Teori yang digunakan adalah teori resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall, yang fokus pada penerimaan oleh khalayak melalui decoding atau pemaknaan pesan yang disampaikan oleh media sehingga lebih berfokus pada khalayak dan bukan pada media itu sendiri, serta Hall juga memposisikan khalayak pada tiga posisi pemaknaan yaitu, dominan, negosiasi, dan oposisi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis untuk memahami pengalaman dan reaksi penonton terhadap pemasaran film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal untuk menunjang promosi film “Agak Laen” yang dirilis tahun 2024 masuk ke dalam posisi dominan. Konten kreatif dan bervariasi dapat menarik perhatian audiens, dengan elemen unik seperti tema pasar malam meningkatkan minat pemirsa. Khalayak dapat menilai pada konten TikTok @pilem.agak.laen dalam menyampaikan promosi filmnya dengan kreatif yang membuat pengikut menjadi penasaran mendapatkan respon positif dan baik dalam media sosial TikTok. Kata Kunci : resepsi; khalayak; media sosial; TikTok; promosi film.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 082
NIM/NIDN Creators: 44219010059
Uncontrolled Keywords: resepsi; khalayak; media sosial; TikTok; promosi film.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.43 Motion Pictures, Movies, Cinema/Bioskop, Movie, Film Hiburan, Sinema
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:11
Last Modified: 03 Mar 2025 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94588

Actions (login required)

View Item View Item