OPINI PUBLIK MENGENAI INDONESIA BATAL MENJADI TUAN RUMAH PIALA DUNIA U-20 DALAM MEDIA INSTAGRAM PADA AKUN @jktinfo (Analisis Isi Komentar Instagram) Periode 29 Maret 2023

SHEILA, JESHIELA CHRISTY (2025) OPINI PUBLIK MENGENAI INDONESIA BATAL MENJADI TUAN RUMAH PIALA DUNIA U-20 DALAM MEDIA INSTAGRAM PADA AKUN @jktinfo (Analisis Isi Komentar Instagram) Periode 29 Maret 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-01 Cover - sheila jeshiela.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB 1)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-02 BAB 1 - sheila jeshiela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-03 BAB 2 - sheila jeshiela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB 3)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-04 BAB 3 - sheila jeshiela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB 4)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-05 BAB 4 - sheila jeshiela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-06 BAB 5 - sheila jeshiela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-08 Daftar Pustaka - sheila jeshiela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220010262-Sheila Jeshiela Christy-09 Lampiran - sheila jeshiela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Judul Laporan Skripsi: Opini Publik mengenai “Indonesia batal menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20” dalam media sosial Instagram pada akun @jktinfo (Analisis Isi Komentar Instagram) periode 29 Maret 2023 Dosen Pembimbing: Dr. Farid Hamid U., S.Sos, M.Si. Media sosial Instagram menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan interaksi antara pengguna sehingga terbentuknya ruang interaksi dan pertukaran informasi sehingga terbentuknya opini publik dan fenomena polarisasi akibat dari opini yang memiliki perbedaan yang kuat. Penelitian ini berfokus pada analisis opini publik positif, opini publik netral dan opini publik negatif mengenai “Indonesia batal menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20” dalam media sosial Instagram pada akun @jktinfo periode 29 Maret 2023. Dengan menggunakan konsep opini publik dengan kategori opini yang terdiri dari opini positif, opini netral dan opini negatif. Penelitian terdahulu yang digunakan sebagai bahan acuan dari penelitian ini berjumlah lima penelitian. Teori-teori dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi, teori media sosial, teori opini publik, teori polarisasi dan gaya bahasa. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan metode penelitian analisis isi kuantitatif, menggunakan unit analisis yaitu analisis tematik serta opini publik dan gaya bahasa sebagai operasionalisasi konsep. Pada penelitian ini, populasi penelitian adalah seluruh komentar pada unggahan “Indonesia batal menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20” pada akun Instagram @jktinfo sebanyak 4.395 dengan sampel 100 komentar.Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu random sampling dan menggunakan rumus Hostly sebagai uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan coding sheet antar coder. Hasil penelitian mennunjukkan terdapat opini positif mendapat jumlah 24 komentar (24%), komentar opini netral mendapat jumlah 32 (31%) dan komentar opini negatif mendapat jumlah 44 komentar (44%). Sedangkan, untuk gaya bahasa yang terdiri dari Innuendo mendapat jumlah 19, Satire mendapat jumlah 23, Sinisme mendapat jumlah 21, Sarkasme 22 dan Ironi mendapat jumlah 15. Dengan gaya bahasa terbanyak yaitu, Satire dan Sarkasme. Dalam penelitian, kategori opini menunjukkan dominasi oleh opini negatif sehingga tidak terdapat polarisasi sedangkan, dalam gaya bahasa terdapat polarisasi antara sindiran halus dengan sindiran tajam sebab, opini memiliki makna yang terkandung didalam setiap masing-masing komentar opini. Title of The Thesis Report: Public Opinion Analysis on Indonesia’s Cancellation as Host of the U-20 World Cup: A Content Analysis of Instagram Comments on @jktinfo (March 29, 2023) Advisor: Dr. Farid Hamid U., S.Sos, M.Si Instagram provides features that enable communication and interaction between users, creating an interactive space for information exchange. This interaction leads to the formation of public opinion and polarization phenomena due to strong differences in opinions. This study is focused on analyzing positive, neutral, and negative public opinions regarding "Indonesia canceling as the host of the U-20 World Cup" on Instagram, specifically on the @jktinfo account during the period of March 29, 2023. The concept used in this research is public opinion, which has been categorized into three types: positive opinion, neutral opinion, and negative opinion. This study references five previous studies as research sources. The theories used in this research include communication theory, social media theory, public opinion theory, polarization theory, and language style theory. The research adopts a positivist paradigm using a quantitative content analysis method, with thematic analysis units and public opinion as the operationalized concept. This study, comments on the post about "Indonesia canceling as the host of the U-20 World Cup" on the Instagram account @jktinfo are the research population consists, totaling 4,395 comments. The sample size consists of 100 comments selected using random sampling. The data collection technique includes validity and reliability tests, with inter-coder reliability calculated using Hostly's formula. The results show that positive opinions are 24 comments (24%), 32 (32%) neutral opinions comments and 44 (44%) negative opinion comments. Regarding language styles, the study identifies several categories: innuendo 19, satire 23, cynicism 21, sarcasm 22 and irony 15, with satire and sarcasm being the most dominant.This study concludes that the opinion category is dominated by negative opinions, indicating no polarization. However, in terms of language style, polarization is present between subtle sarcasm and sharp sarcasm, as each opinion carries different meanings within the comments.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010262
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Opini Publik, Media Sosial, Polarisasi Public Relations, Public Opinion, Social Media, Polarization.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SUTRA DEWANGGA
Date Deposited: 28 Feb 2025 07:41
Last Modified: 28 Feb 2025 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94527

Actions (login required)

View Item View Item