INTERPRETASI TANDA & KODE BUDAYA DALAM IKLAN SIRUP MARJAN VERSI 1445 H (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

GUSTIANTI, ANGELIA DWI (2025) INTERPRETASI TANDA & KODE BUDAYA DALAM IKLAN SIRUP MARJAN VERSI 1445 H (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Advertising is the easiest medium to shape public perception. In religious traditions, especially during the holy month of Ramadan, this moment is utilized by advertising companies that air during Ramadan, not only promoting products but also conveying moral messages, empathy, and togetherness that are in line with the values that are close to the culture of Indonesian society. The selection of this advertisement as the object of research is based on the phenomenon of using CGI technology that creates impressive visuals to understand the message behind it. This research aims to understand the messages conveyed through cultural signs and codes in the advertisement, explore the narrative and visual elements relevant to Indonesian cultural values, and identify the moral and social messages behind the characters, colors, and visual symbols. The method used in this research is a qualitative approach with John Fiske's semiotic analysis, which is analyzed using a critical paradigm. This research uses two types of data: primary and secondary data. The results show that the Sirup Marjan advertisement not only conveys moral messages related to Indonesian culture but also reinforces the brand’s positive image, which symbolizes hope and goodness. In addition, this advertisement succeeds in creating emotional closeness with the audience, especially housewives who are the main consumers, as well as strengthening Marjan's brand position in the market and increasing consumer loyalty. Keywords: Advertising, Semiotics, Marjan Syrup, John Fiske, CGI Iklan adalah media yang paling mudah dalam membentuk persepsi masyarakat. Dalam tradisi keagamaan terutama saat bulan suci Ramadan, momen ini dimanfaatkan oleh perusahaan iklan yang tayang selama bulan Ramadan, dengan tidak hanya mempromosikan produk tetapi juga menyampaikan pesan moral, empati, dan kebersamaan yang selaras dengan nilai-nilai yang dekat dengan budaya masyarakat Indonesia. Pemilihan iklan ini sebagai objek penelitian didasarkan pada fenomena penggunaan teknologi CGI yang menciptakan visual mengesankan guna memahami pesan di baliknya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pesan yang disampaikan melalui tanda dan kode budaya dalam iklan, mengeksplorasi narasi dan elemen visual yang relevan dengan nilai budaya Indonesia, serta mengidentifikasi pesan moral dan sosial di balik karakter, warna, dan visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika John Fiske, yang dianalisis menggunakan paradigma kritis. Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Sirup Marjan tidak hanya menyampaikan pesan moral yang berkaitan dengan budaya Indonesia, tetapi juga memperkuat citra positif merek, yang melambangkan harapan dan kebaikan. Selain itu, iklan ini berhasil menciptakan kedekatan emosional dengan audiens, terutama ibu rumah tangga yang menjadi konsumen utama, serta memperkuat posisi merek Marjan di pasar dan meningkatkan loyalitas konsumen. Kata Kunci : Iklan, Semiotika, Sirup Marjan, John Fiske, CGI

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 033
NIM/NIDN Creators: 44320120008
Uncontrolled Keywords: Iklan, Semiotika, Sirup Marjan, John Fiske, CGI
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi > 121 Theory of Knowledge/Teori Pengetahuan > 121.6 Nature of Inquiry/Sifat Penyelidikan > 121.68 Meaning, Interpretation, Hermeneutics/Arti, Interpretasi, Hermeneutika
200 Religion/Agama > 210 Filsafat dan Teori Agama > 212 Existence, Knowability, Attributes of God/Hakekat Tuhan > 212.7 Attributes/Atribut, Tanda
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 664 Food Technology/Teknologi Pembuatan Makanan Komersial > 664.1 Sugars and Syrup/Teknologi Pembuatan Gula dan Sirup
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 28 Feb 2025 06:49
Last Modified: 28 Feb 2025 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94523

Actions (login required)

View Item View Item