MODIFIKASI MESIN BODY CAULKING DENGAN MENAMBAH STOPPER UNTUK MENGATASI HARD BRAKE PADA PRODUKSI BRAKE MASTER CYLINDER

PUTRA, ADITYA RIYANTO (2025) MODIFIKASI MESIN BODY CAULKING DENGAN MENAMBAH STOPPER UNTUK MENGATASI HARD BRAKE PADA PRODUKSI BRAKE MASTER CYLINDER. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-02 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN & PERSETUJUAN)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-01 Lembar Pernyataan Keabsahan & Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB 1)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB 2)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB 3)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB 4)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB 5)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Brake Master Cylinder (BMC) merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan roda empat, salah satu mesin yang digunakan dalam proses produksinya adalah mesin Body Caulking, yang merupakan special purpose machine untuk merakit komponen BMC. Pada penelitian sebelumnya membahas tentang efisiensi pada mesin die dengan melakukan analisis pengecoran menggunakan simulasi magmasoft pada master cylinder rem. Dan pada penelitian ini, terdapat permasalahan pada mesin yang menyebabkan mekanisme pemasangan komponen internal BMC yang tidak optimal, yang dimana terdapat total gaya sebesar 195,2 N ketika proses set up yang menyebabkan adanya titik kontak antara body 1 dengan diaphragm booster sehingga terjadi fenomena hard brake. Berdasarkan record history problem yang ada, pada periode 2022–2023, terdapat peningkatan masalah hard brake sebanyak 10 kasus, dan sebelum dilakukan modifikasi, OEE mesin body caulking sebesar 74%. Maka, pada penelitian ini dilakukan modifikasi mesin body caulking dengan metode teori PDCA yang terdiri dari 8 langkah. Hasil dari penelitian ini adalah analisa mesin body caulking dengan modifikasi penambahan stopper yang membuat tidak adanya gaya yang terjadi ketika proses set up serta menghasilkan peningkatan nilai OEE dari 74% menjadi 100%. Berdasarkan data yang diperoleh selama periode produksi Januari – November 2024, tidak ditemukan masalah hard brake pada kendaraan roda empat.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41322120010
Uncontrolled Keywords: BMC, Mesin Body Caulking, Modifikasi Mesin, Hard Brake, OEE
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.3 Vehicular Transportation/Transportasi kendaraan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1 Engineering Mechanics/Mekanika Teknik
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 26 Feb 2025 02:01
Last Modified: 26 Feb 2025 02:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94437

Actions (login required)

View Item View Item