PUTRA, ADITYA RIYANTO (2025) MODIFIKASI MESIN BODY CAULKING DENGAN MENAMBAH STOPPER UNTUK MENGATASI HARD BRAKE PADA PRODUKSI BRAKE MASTER CYLINDER. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-02 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN & PERSETUJUAN)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-01 Lembar Pernyataan Keabsahan & Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
![]() |
Text (BAB 1)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
41322120010-Aditya Riyanto Putra-09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
Abstract
Brake Master Cylinder (BMC) merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan roda empat, salah satu mesin yang digunakan dalam proses produksinya adalah mesin Body Caulking, yang merupakan special purpose machine untuk merakit komponen BMC. Pada penelitian sebelumnya membahas tentang efisiensi pada mesin die dengan melakukan analisis pengecoran menggunakan simulasi magmasoft pada master cylinder rem. Dan pada penelitian ini, terdapat permasalahan pada mesin yang menyebabkan mekanisme pemasangan komponen internal BMC yang tidak optimal, yang dimana terdapat total gaya sebesar 195,2 N ketika proses set up yang menyebabkan adanya titik kontak antara body 1 dengan diaphragm booster sehingga terjadi fenomena hard brake. Berdasarkan record history problem yang ada, pada periode 2022–2023, terdapat peningkatan masalah hard brake sebanyak 10 kasus, dan sebelum dilakukan modifikasi, OEE mesin body caulking sebesar 74%. Maka, pada penelitian ini dilakukan modifikasi mesin body caulking dengan metode teori PDCA yang terdiri dari 8 langkah. Hasil dari penelitian ini adalah analisa mesin body caulking dengan modifikasi penambahan stopper yang membuat tidak adanya gaya yang terjadi ketika proses set up serta menghasilkan peningkatan nilai OEE dari 74% menjadi 100%. Berdasarkan data yang diperoleh selama periode produksi Januari – November 2024, tidak ditemukan masalah hard brake pada kendaraan roda empat.
Actions (login required)
![]() |
View Item |