PENGARUH KOGNITIF IMAGE, UNIK IMAGE DAN AFEKTIF IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGUNJUNG MIE JOWO MBAH GITO DI YOGYAKARTA

JAYANTI, TRI (2025) PENGARUH KOGNITIF IMAGE, UNIK IMAGE DAN AFEKTIF IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGUNJUNG MIE JOWO MBAH GITO DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. cover.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB II)
3. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB III)
4. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB IV)
5. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB V)
6. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study aims to examine and analyze the effect of Cognitive Image, Unique Image, and Affective Image on Customer Loyalty through Satisfaction as a mediating variable among visitors of Mie Jowo Mbah Gito in Yogyakarta. The population in this study consists of the community or customers of Mie Jowo Mbah Gito who have made at least two purchases in the last six months, with a sample size of 110 based on the Heir formula. This research is a quantitative study with data collection using a survey method. Data analysis is performed using Partial Least Squares (PLS) 4. The results of the study show that: 1) Affective Image has a significant positive effect on customer satisfaction, meaning that improving affective Image can increase customer satisfaction. 2) Affective Image also has a significant effect on customer loyalty, indicating that a good affective Image can enhance customer loyalty. 3) Customer satisfaction has a significant positive effect on customer loyalty, meaning that the higher the customer satisfaction, the higher the loyalty level. 4) Cognitive Image has a significant positive effect on customer satisfaction, meaning that a strong cognitive Image can improve customer satisfaction. 5) Cognitive Image also has a significant positive effect on customer loyalty, indicating that strong belief in cognitive Image will strengthen customer loyalty. 6) Unique Image has a significant positive effect on customer satisfaction, meaning that a good unique Image can increase customer satisfaction. 7) Unique Image also has a significant positive effect on customer loyalty, indicating that a strong unique Image can enhance customer loyalty. 8) Customer satisfaction mediates the effect of cognitive Image on customerloyalty. 9) Customer satisfaction also mediates the effect of unique Image on customer loyalty. 10) Customer satisfaction mediates the effect of affective Image on customer loyalty. This study provides an important contribution in understanding the relationship between the Image formed by Mie Jowo Mbah Gito and customer satisfaction and loyalty. Keywords: Cognitive Image, Unique Image, Affective Image, Customer Loyalty, Satisfaction Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kognitif Image, Unik Image dan Afektif Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengunjung Mie Jowo Mbah Gito Di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat atau pelanggan mie jowo mbah gito yang melakukan pembelian minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir dengan jumlah sampel sebanyak 110 dengan rumus Heir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode survey. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Afektif Image berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang berarti peningkatan afektif Image dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. 2) Afektif Image juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, menunjukkan bahwa afektif Image yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. 3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, yang berarti semakin tinggi kepuasan pelanggan, semakin tinggi pula tingkat loyalitasnya. 4) Kognitif Image berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang berarti kognitif Image yang kuat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. 5) Kognitif Image juga berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, menunjukkan bahwa keyakinan yang kuat pada kognitif Image akan memperkuat loyalitas pelanggan. 6) Unik Image berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang berarti unik Image yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. 7) Unik Image juga berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, yang menunjukkan bahwa unik Image yang kuat dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. 8) Kepuasan pelanggan berperan sebagai mediator dalam pengaruh kognitif Image terhadap loyalitas pelanggan. 9) Kepuasan pelanggan juga memediasi pengaruh unik Image terhadap loyalitas pelanggan. 10) Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh afektif Image terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami hubungan antara Image yang dibentuk oleh Mie Jowo Mbah Gito dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan KataKunci :KognitifImage, Unik Image, AfektifImage, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 25 057
NIM/NIDN Creators: 43120120038
Uncontrolled Keywords: KognitifImage, Unik Image, AfektifImage, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.6 Personnel Management of Museum/Manajemen Personalia Museum > 069.63 Personnel Management/Manajemen Personalia
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 704 Special Topics in Fine and Decorative Arts/Topik Khusus tentang Karya Seni > 704.9 Iconography, Icon, Image/Ikonografi, Ikon, Gambar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:12
Last Modified: 25 Feb 2025 08:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94432

Actions (login required)

View Item View Item