PENDEKATAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENYAJI KOPI (BARISTA) DENGAN KONSUMEN DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN DAN KENYAMANAN PELAYANAN PADA CAFE COFFEE SHOP LUMOS DI DEPOK

Andriyanus, Paunno (2025) PENDEKATAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENYAJI KOPI (BARISTA) DENGAN KONSUMEN DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN DAN KENYAMANAN PELAYANAN PADA CAFE COFFEE SHOP LUMOS DI DEPOK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
01 cover - Andriyanus Paunno.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB I)
02 bab I - Andriyanus Paunno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB II)
03 bab II - Andriyanus Paunno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB III)
04 bab III - Andriyanus Paunno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB IV)
05 bab IV - Andriyanus Paunno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB V)
06 bab v - Andriyanus Paunno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07daftar pustaka - Andriyanus Paunno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 lampiran - Andriyanus Paunno.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi antarpribadi yang diterapkan oleh barista dalam menciptakan kepuasan serta kenyamanan bagi pelanggan di Cafe Coffee Shop Lumos, Depok. Interaksi yang efektif antara barista dan konsumen memiliki peranan penting dalam membangun pengalaman positif, memperkuat loyalitas pelanggan, serta menjaga reputasi kafe sebagai tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap tiga kategori subjek, yaitu kepala barista sebagai penyedia layanan utama, pelanggan tetap yang telah sering mengunjungi kafe, serta pelanggan baru yang masih dalam tahap awal membangun pengalaman dengan Coffee Shop Lumos. Selain itu, observasi langsung terhadap interaksi barista dengan pelanggan serta analisis dokumentasi juga dilakukan untuk memperoleh data yang lebih komprehensif. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa komunikasi antarpribadi yang diterapkan oleh barista di Coffee Shop Lumos melibatkan elemen komunikasi verbal dan nonverbal. Hal ini mencakup sapaan yang ramah, ekspresi wajah yang menyenangkan, serta bahasa tubuh yang terbuka dan hangat. Pendekatan yang lebih personal, seperti memahami preferensi pelanggan, berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kepuasan dan kenyamanan dalam pelayanan. Faktor seperti empati, keramahan, serta responsivitas dalam menanggapi kebutuhan pelanggan menjadi elemen utama dalam menciptakan pengalaman positif bagi konsumen.Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi yang efektif antara barista dan pelanggan merupakan aspek kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Sebagai rekomendasi, pelatihan keterampilan komunikasi bagi barista disarankan agar mereka dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan mempererat hubungan interpersonal guna menciptakan pengalaman yang lebih memuaskan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220110073
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Barista, Kepuasan dan Kenyamanan,Coffee Shop Lumos, Interpersonal Communication, Barista, Satisfaction, Convenience, Social Penetration Theory
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 21 Feb 2025 01:40
Last Modified: 21 Feb 2025 01:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94371

Actions (login required)

View Item View Item