OPTIMISASI QUERY DATABASE DAN OTOMATISASI REKONSILIASI KEUANGAN DI PT. GPAY DIGITAL ASIA

BASARAH, MUHAMMAD ADI NUGRAHA (2025) OPTIMISASI QUERY DATABASE DAN OTOMATISASI REKONSILIASI KEUANGAN DI PT. GPAY DIGITAL ASIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

In companies operating in the financial or Fintech sector, a fast and accurate reconciliation system is crucial for completing financial transactions with partner companies. PT. GPay Digital Asia is a Fintech company that provides payment services through QRIS. The challenges faced by PT. GPay Digital Asia include slow transaction data retrieval, which leads to inconsistent transaction data management, delays in financial reporting, inefficient reconciliation processes, and the need for reconciliation automation. The data collection methods used in this study include interviews, observations, and secondary data analysis. The method applied in this research is the Business Process Reengineering (BPR) concept, aimed at changing business process flow policies and implementing database query optimization as part of Information Technology. This study resulted in changes to business process flow policies and database query optimization by automating financial reconciliation within the Information Technology domain, enhancing efficiency and effectiveness in PT. GPay Digital Asia’s operations. Keywords: Research, Query Optimization, Reconciliation Automation, Information Systems, PT. GPay Digital Asia Dalam perusahaan yang bergerak di bidang finansial atau Fintech, sistem rekonsiliasi yang cepat dan akurat sangat penting untuk menyelesaikan transaksi keuangan dengan perusahaan rekanan. PT. GPay Digital Asia adalah perusahaan Fintech yang menyediakan layanan pembayaran melalui QRIS. Permasalahan yang terjadi pada PT. GPay Digital Asia meliputi lambatnya penarikan data transaksi sehingga menjadikan pengelolaan data transaksi menjadi tidak sesuai , keterlambatan dalam pembuatan laporan keuangan, proses rekonsiliasi yang kurang efisien, dan kebutuhan akan otomatisasi rekonsiliasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan analisis data sekunder. Metode yang di terapkan pada penelitian ini adalah Konsep Business Process Reengineering (BPR) dengan tujuan untuk merubah kebijakan alur proses bisnis dan menerapkan optimasi query database sebagai implementasi pada sisi Informasi Teknologi. Penelitian ini menghasilkan perubahan kebijakan alur proses bisnis dan optimasi query database dengan mengotomatisasi rekonsiliasi keuangan pada sisi Informasi Teknologi yang dapat membuat kinerja pada PT.GPay Digital Asia semaikin efesien dan efektif. Kata kunci: Penelitian, Optimasi query, otomatisasi rekonsiliasi, sistem informasi, GPay Digital Asia

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 25 024
NIM/NIDN Creators: 41820120013
Uncontrolled Keywords: Penelitian, Optimasi query, otomatisasi rekonsiliasi, sistem informasi, GPay Digital Asia
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 500. Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 507 Education, Research/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam > 507.2 Research; Statistical Methods/Penelitian; Metode Statistik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:27
Last Modified: 18 Feb 2025 07:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94314

Actions (login required)

View Item View Item