KHOLAGI, HELMI FAISAL (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN WAJIB PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Study Empiris Wajib Pajak UMKM di Wilayah Jakarta Barat). S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
![]() |
Text (COVER)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_01 COVER - KEL. JELAMBAR.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_02 BAB I - KEL. JELAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text (BAB II)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_03 BAB II - KEL. JELAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text (BAB III)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_04 BAB III - KEL. JELAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_05 BAB IV - KEL. JELAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
![]() |
Text (BAB V)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_06 BAB V - KEL. JELAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_07 DAFTAR PUSTAKA - KEL. JELAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
55522110039_HELMI FAISAL KHOLAGI_08 LAMPIRAN - KEL. JELAMBAR.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak UMKM di Wilayah Jakarta Barat. Faktor-faktor yang dianalisis meliputi kualitas pelayanan, pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan melalui google form pada 135 responden yang merupakan wajib pajak UMKM di Wilayah Jakarta Barat. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan wajib pajak tentang tata cara membayar pajak yang benar, semakin tinggi pula tingkat kepatuhan wajib pajak yang dipenuhi wajib pajak dan wajib pajak yang memiliki kesadaran kewajiban perpajakan yang lebih tinggi cenderung lebih patuh dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan adanya hubungan positif antara pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak. Sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak tidak menjadi tolak ukur masyarakat untuk patuh terhadap kewajiban perpajakannya. This study aims to analyze the factors that influence taxpayer compliance of MSMEs in West Jakarta . The factors analyzed include quality of service, taxpayer knowledge and taxpayer awareness of taxpayer compliance . The research method uses a quantitative approach. The research data uses primary data. in the form of a questionnaire distributed through google form to 135 respondents who are MSME taxpayers in West Jakarta. The analysis was conducted using the Partial Least Square (PLS) method . The results of the study indicate that the variables of taxpayer knowledge and taxpayer awareness have a positive and significant effect on taxpayer compliance. This shows that the higher the taxpayer 's knowledge of the correct procedure for paying taxes, the higher the level of taxpayer compliance fulfilled by taxpayers and taxpayers who have a higher awareness of tax obligations . tend to be more compliant in fulfilling their tax obligations. The results of this study are in line with previous studies which show a positive relationship between taxpayer knowledge, taxpayer awareness and taxpayer compliance . While the quality of service does not affect taxpayer compliance. This shows that the quality of tax services is not a benchmark for the community to comply with their tax obligations.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55522110039 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Wajib pajak, Kesadaran Wajib pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Service Quality, Taxpayer Knowledge, Taxpayer Awareness , Taxpayer Compliance |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Akuntansi |
Depositing User: | FHADHILAH SHAFA ARISTA |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 07:50 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 07:50 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |