WIJAYANTI, FITRI (2025) STUDI KUANTITATIF DESKRIPTIF GAMBARAN KONSEP DIRI AKADEMIK REMAJA PADA PENGHUNI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.
![]() |
Text (COVER)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 01 COVER - Harisa Rahman dina.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text (BAB I)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 02 BAB 1 - Harisa Rahman dina.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text (BAB II)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 03 BAB 2 - Harisa Rahman dina.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB III)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 04 BAB 3 - Harisa Rahman dina.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 05 BAB 4 - Harisa Rahman dina.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
![]() |
Text (BAB V)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 06 BAB 5 - Harisa Rahman dina.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 08 DAFTAR PUSTAKA - Harisa Rahman dina.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
46120120045 - FITRI WIJAYANTI - 09 LAMPIRAN- - Harisa Rahman dina.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Studi Kuantitatif Deskriptif Gambaran Konsep Diri Akademik Remaja pada Penghuni lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konsep diri akademik remaja penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan instrumen utama berupa kuesioner yang mengukur berbagai dimensi konsep diri menurut Piers Harris. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh, di mana seluruh populasi remaja penghuni LPKA yang memenuhi kriteria penelitian (jumlah 51 remaja) dijadikan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam konsep diri remaja penghuni LPKA, dengan mayoritas berada pada kategori sedang (66,7%). Konsep diri akademik dipengaruhi oleh kebebasan dari kecemasan, yang berdampak pada kebahagiaan dan kepercayaan diri akademik. Remaja yang lebih puas dengan penampilan fisik cenderung memiliki penyesuaian perilaku yang lebih baik. Program pembinaan yang memperkuat dukungan emosional dan manajemen stres direkomendasikan untuk meningkatkan kepercayaan diri akademik dan kesiapan remaja setelah pembinaan. This study aims to describe the academic self-concept of adolescent residents at the Jakarta Class II Juvenile Special Guidance Institution (LPKA). The research uses a descriptive quantitative approach with the main instrument being a questionnaire that measures various dimensions of self-concept according to Piers Harris. The sample was selected using a saturation sampling technique, where the entire population of adolescent residents who met the research criteria (51 adolescents) were included as respondents. The results show that there are no significant differences in the self-concept of LPKA residents, with the majority falling into the moderate category (66.7%). The academic self-concept is influenced by freedom from anxiety, which impacts happiness and academic self-confidence. Adolescents who are more satisfied with their physical appearance tend to have better behavioral adjustment. A training program that strengthens emotional support and stress management is recommended to improve academic self-confidence and prepare adolescents for life after rehabilitation.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 46120120045 |
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri, remaja, LPKA Self-concept, teenagers, LPKA |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | RAUL ANDIKA KURNIAWAN |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 03:38 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 03:38 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |