Wardhani, Raden Indri Kusuma (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA MASYARAKAT SEKITAR PEMBANGUNAN PROYEK KEK MANDALIKA (Kasus pada PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII). S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.
![]() |
Text (COVER)
44220110055-Raden Indri KW-01 Cover - Indry Kusuma.pdf Download (645kB) |
![]() |
Text (BAB I)
44220110055-Raden Indri KW-02 Bab 1 - Indry Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (BAB II)
44220110055-Raden Indri KW-03 Bab 2 - Indry Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
![]() |
Text (BAB III)
44220110055-Raden Indri KW-04 Bab 3 - Indry Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
44220110055-Raden Indri KW-05 Bab 4 - Indry Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
![]() |
Text (BAB V)
44220110055-Raden Indri KW-06 Bab 5 - Indry Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220110055-Raden Indri KW-08 Daftar Pustaka - Indry Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
44220110055-Raden Indri KW-09 Lampiran - Indry Kusuma.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
Abstract
Pembangunan KEK Mandalika diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar karena kegiatan pariwisata didalamnya dapat memberikan multiplier effect bagi semua elemen masyakarat disekitar kawasan tersebut. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai BUPI proyek KEK Mandalika melaksanakan program Corporate Social Responsibility yang bertujuan mengadopsi Konsep Creating Shared Value (CSV), dengan Corporate Social Responsibility yang bertujuan mengatasi masalah sosial, dan menjadikan Corporate Social Responsibility sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam memberikan nilai tambah secara ekonomi dan sosial terutama memperkuat sustainability Perusahaan. Penelitian ini menggunakan landasan teori strategi komunikasi korporasi, piramida evaluasi public relations oleh Watson dan Noble dalam mewujudkan praktik CSR dan Konsep Triple Bottom Line oleh John Elkington dalam Wibisono yang mengemas konsep CSR ke dalam 3 (tiga) elemen atau juga dikenal sebagai Triple Bottom Line, yaitu: people, profit, dan planet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, serta data sekunder dengan teknik pengumpulan data dari hasil analisis jurnal dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan Program CSR KEK Mandalika terbukti efektif diimplementasikan dengan mengikuti 5 (lima) tahapan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yaitu perencanaan dan rancangan program, implementasi program, sosialisasi, monitoring dan evaluasi. Pelaksanaan program berjalan baik dengan capaian sasaran berkelanjutan yang terlihat dari konsistensi masyarakat setempat yang berpartisipasi dari awal program hingga eksistensi produk UMKM di sentra UMKM yang didirikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program CSR dapat menjadi strategi komunikasi yang efektif untuk dapat membangun dan meningkatkan reputasi perusahaan. The development of the Mandalika Special Economic Zone is expected to improve the welfare of the surrounding community as the tourism activities within it can provide a multiplier effect for all elements of the community around the area. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, as the SOE guarantor for the Mandalika Special Economic Zone project, implements a Corporate Social Responsibility program aimed at adopting the Creating Shared Value (CSV) concept, with Corporate Social Responsibility aimed at addressing social issues and making Corporate Social Responsibility part of the company's strategy in providing economic and social added value, especially strengthening the Company's sustainability. This research employs a qualitative method with a case study approach. The type of data used includes primary data, collected through observation and interviews, as well as secondary data, obtained from journal analysis and previous research. The subjects of this study consist of primary and key informants who are directly involved in the Corporate Social Responsibility (CSR) program for creative economy and entrepreneurship training in the Mandalika Special Economic Zone, initiated by PT PII. The theoretical framework used in this research is based on corporate communication strategy theory and the PR evaluation pyramid by Watson and Noble in realizing CSR practices. The results of this study are expected to identify how the implementation of the Corporate Social Responsibility program can strengthen the company's sustainability.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220110055 |
Uncontrolled Keywords: | Corpororate Social Responsibility, Implementasi program, Reputasi perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR), Program Implementation, Corporate Reputation |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | RAUL ANDIKA KURNIAWAN |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:00 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |