WIRYAWAN, DIMAS ALIF (2025) PENGARUH TERPAAN IKLAN GOJEK VERSI "KATA EMAK HEMAT" DI INSTAGRAM REELS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK (Survei Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (691kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) |
Abstract
The development of information technology can be seen in the emergence of social media. One of the social media is Instagram Reels which has many advantages, it has high engagement between users and the audience which makes it more attractive to advertisers. Therefore, many users are interested in using Instagram reels as a medium or means of advertising their products or services, one of which is PT. GoTo Gojek Tokopedia or known as Gojek. This research aims to determine the influence and how big impact of exposure to the “Kata Emak Hemat” version Gojek advertisement on Instagram reels has on the decision to use Gojek application. The Effect of Exposure to Gojek Advertising #KataEmakHemat on Instagram Reels on Decisions to Use Gojek ServiceThis research uses the AISAS concept (Attention, Interest, Search, Action, Share). This research uses a quantitative approach with a survey method on regularly active students from the Faculty of Communication Sciences, Meruya Campus, Mercu Buana University, academic year 2023/2024. The total population in this study was 1,435 people, and a sample of 312 people was taken. This research uses a non-probability sampling method, namely a purposive sampling technique using the Slovin formula. The data analysis techniques used in this research are correlation coefficient analysis, coefficient of determination analysis, simple linear regression analysis via SPSS 25, and Hypothesis testing (T-Test). The research results show that there is or is a significant influence between the Gojek “Kata Emak Hemat” version Advertising Exposure variable on the Decision to Use Gojek application. In this research, the results of the correlation coefficient test of 0.699 indicate that there is a strong influence between the Advertising Exposure variables and Usage Decisions. Apart from that, the results of the coefficient of determination test (R Square) were 0.488. This figure means that the influence of the advertising variable (independent) on the purchase interest variable (dependent) is 48.8%, while the remaining 51.2% (100-48.8) is influenced by other variables not explained in the research. Keywords: Instagram reels, Advertising Exposure, Usage Decisions, Gojek Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, dapat dilihat dari munculnya media sosial. Salah satu media sosial nya adalah Instagram reels yang memiliki kelebihan yang banyak, memiliki keterlibatan antara pengguna dengan khalayak yang tinggi yang membuatnya lebih menarik bagi pengiklan. Oleh karena itu banyak perusahan yang tertarik menggunakan Instagram reels ini sebagai media atau sarana dalam mengiklankan produk atau jasanya, salah satunya adalah PT. GoTo Gojek Tokopedia atau dikenal dengan Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar dampak dari pengaruh terpaan iklan gojek versi “Kata Emak Hemat” di instagram reels terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek Pada penelitian ini menggunakan konsep AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey pada Mahasiswa aktif reguler satu Fakultas Ilmu Komunikasi Kampus Meruya Universitas Mercu Buana Tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 1.435 orang dari, diambil sampel 312 orang. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling yaitu teknik penarikan sample purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana melalui SPSS 25 dan uji Hipotesis (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada atau terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Terpaan Iklan Gojek versi “Kata Emak Hemat” terhadap Keputusan Penggunaan aplikasi Gojek. Pada penelitian ini, hasil dari uji koefisien korelasi sebesar 0,699 menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara variabel Terpaan Iklan dan Keputusan Penggunaan. Selain itu, hasil dari uji koefisien determinasi (R Square) adalah sebesar 0,488. Angka tersebut mempunyai makna bahwa pengaruh variabel iklan (independent) terhadap variabel minat beli (dependen) adalah sebesar 48,8%, sedangkan sisanya 51,2% (100-48,8) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Kata Kunci : Instagram reels, Terpaan Iklan, Keputusan Penggunaan, Gojek
Actions (login required)
![]() |
View Item |