Junior, Joshua Agito (2025) Analisis Resepsi Khalayak terhadap Fenomena Cyber Begging di Media Sosial TikTok @ThreeShester. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.
![]() |
Text (COVER)
44520010028-Joshua Agito Junior-01 COVER - Joshua Agito Junior.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text (BAB I)
44520010028-Joshua Agito Junior-02 BAB 1 - Joshua Agito Junior.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text (BAB II)
44520010028-Joshua Agito Junior-03 BAB 2 - Joshua Agito Junior.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text (BAB III)
44520010028-Joshua Agito Junior-04 BAB 3 - Joshua Agito Junior.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
44520010028-Joshua Agito Junior-05 BAB 4 - Joshua Agito Junior.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
![]() |
Text (BAB V)
44520010028-Joshua Agito Junior-06 BAB 5 - Joshua Agito Junior.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44520010028-Joshua Agito Junior-07 DAFTAR PUSTAKA - Joshua Agito Junior.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
44520010028-Joshua Agito Junior-08 LAMPIRAN - Joshua Agito Junior.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
Abstract
Perkembangan dunia internet dalam bidang komunikasi saat ini semakin berkembang dan menjangkau ke semua kalangan. Salah satu perkembangannya adalah Media Sosial. Media sosial telah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Media sosial telah banyak mengubah cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dan memanfaatkannya sebagai sarana mengemis. Kegiatan mengemis ini menjadi budaya baru yang muncul ketika pandemi melanda yang menyebabkan perubahan orang dalam melakukan aktitivitas salah satu contohnya seperti pada akun TikTok @ThreeShester. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui serta menganalisis pemaknaan dan pengetahuan khalayak terhadap fenomena Cyber Begging di media sosial khususnya pada konten Cyber begging pada akun TikTok @ThreeShester. Penelitian ini menggunakan teori resepsi dari Stuart Hall, teori ini mengfokuskan kepada penerimaan khalayak melalui Encoding dan Decoding atau pemaknaan dari media dengan tiga posisi penerimaan khalayak yaitu posisi Dominan, posisi Negosiasi dan posisi Oposisi. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis resepsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan focus group discussion atau FGD dengan 8 orang informan yang dibagi menjadi 2 kelompok sebagai data primer dan menggunakan dokumentasi serta tinjauan literatur sebagai data sekunder Hasil Penelitian melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan delapan informan, ditemukan 3 kategori yang muncul dari informan dalam memaknai konten Cyber Begging pada akun TikTok @ThreeShester yaitu kategori Dominan, Negosiasi dan Oposisi dengan didominasi posisi khalayak yaitu Oposisi, dimana khalayak tidak menerima dan menolak konten yang disajikan pada akun TikTok @ThreeShester. The development of the internet world in the field of communication is currently growing and reaching all circles. One of the developments is Social Media. Social media has become an inseparable part of people's lives. Social media has changed the way we interact and communicate with others and use it as a means of begging. This begging activity has become a new culture that emerged when the pandemic hit, causing changes in people's activities, one example of which is on the TikTok account @ThreeShester. The purpose of this study is to determine and analyze the meaning and knowledge of the audience regarding the Cyber Begging phenomenon on social media, especially on the Cyber Begging content on the TikTok account @ThreeShester. This study uses Stuart Hall's reception theory, this theory focuses on audience acceptance through Encoding and Decoding or meaning from the media with three positions of audience acceptance, namely Dominant position, Negotiation position and Opposition position. This research paradigm uses constructivism with a qualitative approach and reception analysis method. The data collection technique in this study used focus group discussions or FGDs with eight informants divided into 2 groups as primary data and used documentation and literature review as secondary data. Research results through Focus Group Discussion (FGD) with eight informants, found 3 categories that emerged from informants in interpreting Cyber Begging content on TikTok @ThreeShester accounts, namely the Dominant, Negotiation and Opposition categories with the dominant position of the audience, namely Opposition, where audiences do not accept and reject the content presented on the @ThreeShester TikTok account.
Actions (login required)
![]() |
View Item |