FARISI, M. IQBAL AL (2025) EVALUASI TOL KATARAJA SEKSI 1 JEMBATAN KALI PERANCIS DENGAN MENGANALISA CONSTRUCTION ENGINEERING MENGGUNAKAN METODE BALANCE CANTILEVER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
analyzing construction engineering using balance cantilever methodEvaluasi Tol Kataraja Seksi 1 Jembatan Kali Perancis Dengan Menganalisa Consctruction Engineering Menggunakan Metode Balance Cantilever, Name: M. Iqbal Al Farisi, Nim: 41121110038, Supervisor: Sekar Mentari, ST.,MT.,2024 Toll road construction is not always on land, some of construction is above the rivers and bridges must be built. Therefore, an alternative for build a bridge if there are obstacles is to use balance cantilever method using form Traveler, where the system works by utilizing the cantilever effect so that the structure can stand on its own without shoring as a bridge support Evaluation of form Traveler begin with modelling using software midas civil then check ratio of form Traveler according to ASD-89 standard, then analysis top and bottom fiber stresses at each construction stage, the stress must be below the allowable stress according to ACI 318M – 14 during construction and service, and precamber value to each segment of bridge span. The load per capacity ratio on A-Frame form Traveler is 0,5, on drivedeck and cantilever is 0,9, and on bottom formwork is 0,6 which is according to ASD-89, load ratio must below 1. Keyword: Balance Cantilever, Form Traveler, Load Ratio Pembangunan jalan tol tidak selalu berada di atas tanah, ada yang melewati sungai dan harus dibangun jembatan, Oleh karena itu, alternatif untuk pembangunan jembatan jika ada hambatan tersebut adalah dengan menggunakan metode balance cantilever dengan menggunakan bantuan alat Form Traveler yang mana sistem kerjanya memanfaatkan efek cantilever sehingga struktur dapat berdiri sendiri tanpa bantuan shoring sebagai penyangga jembatan. Evaluasi strutkur form Traveler dimulai dari modelling menggunakan program komputer midas civil kemudian cek rasio tegangan beban per kapasitas form Traveler sesuai dengan standar ASD-89, kemudian menganalisa tegangan serat atas dan serat bawah pada setiap construction stage, tegangan harus dibawah tegangan izin sesuai dengan ACI 318M-14 pada masa konstruksi dan service, dan angka precamber dari setiap segmen pada bentang jembatan. Rasio beban per kapasitas pada A-frame form Traveler sebesar 0,5, pada drivedeck dan cantilever sebesar 0,9, dan pada bottom formwork sebesar 0,6 yang mana sesuai ASD-89 bahwa rasio beban per kapasitas tidak boleh melebihi angka 1. Kata Kunci: Balance Cantilever, Form Traveler, Rasio beban
Actions (login required)
![]() |
View Item |