KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH TUNAS INDONESIA TANGERANG

DONATO, DERRY (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH TUNAS INDONESIA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
00 (cover ) - Derryd Donato C.pdf

Download (645kB)
[img] Text (BAB I)
01 - Derryd Donato C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB II)
02 - Derryd Donato C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB III)
03 - Derryd Donato C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
04 - Derryd Donato C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB V)
05 - Derryd Donato C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06 - Derryd Donato C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07 - Derryd Donato C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan fondasi penting dalam membangun hubungan antarmanusia. Dalam konteks pendidikan inklusif, komunikasi yang efektif antara guru dan murid berkebutuhan khusus menjadi semakin krusial. Kemampuan berinteraksi sosial merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan, terutama bagi individu dengan kebutuhan khusus. Murid berkebutuhan khusus seringkali menghadapi tantangan dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai factor, seperti hambatan komunikasi, perbedaan karakteristik, serta kurangnya pemahaman dari lingkungan sekitar. Komunikasi yang efektif antara guru dan murid berkebutuhan khusus dapat menjadi kunci dalam mengatasi tantangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal antara Guru dengan murid berkebutuhan khusus dalam pengembangan kemampuan berinteraksi sosial di Sekolah Tunas Indonesia Tanggerang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Pendidikan. Paradigma penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme, dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui metode Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan siswa berkebutuhan khusus adalah dengan menggunakan berbagai metode komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti komunikasi verbal, non-verbal, visual dan tulisan. Serta memperhatikan preferensi komunikasi individu. Berkomunikasi dengan siswa ABK memerlukan pendekatan yang sensitive dan adaptif untuk memastikan mereka merasa dimengerti dan dihargai, setiap anak yang memiliki kebutuhan khusus dan kemampuan yang berbeda. Mengenali dan memahami kebutuhan khusus setiap siswa dengan cara berdiskusi dengan guru adalah salah satu cara yang efektif dilakukan. Interpersonal communication is an important foundation in building interpersonal relationships. In the context of inclusive education, effective communication between teachers and students with special needs is becoming increasingly crucial. The ability to interact socially is one of the most important aspects of life, especially for individuals with special needs. Students with special needs often face the challenge of interacting with others. It can be caused by various factors, such as communication barriers, characteristic differences, as well as a lack of understanding of the surrounding environment. Effective communication between teachers and students with special needs can be the key to overcoming these challenges. The aim of this study is to find out how interpersonal communication between teachers and students with special needs in the development of social interaction skills at Sekolah Tunas Indonesia Tanggerang. The theory used in this research is Interpersonal Communication, Educational Communication. The paradigm of this research uses the post positivism paradigm, with a qualitative approach and using qualitatively descriptive methods. Data collection is carried out through in-depth interviews and data validity testing techniques through Triangulation Methods.. The research results show that an effective way to communicate with students with special needs is to use various communication methods that suit their needs, such as verbal, non-verbal, visual and written communication. As well as paying attention to individual communication preferences. Communicating with students with special needs requires a sensitive and adaptive approach to ensure they feel understood and appreciated, each child has special needs and different abilities. Recognizing and understanding the special needs of each student by discussing it with the teacher is one effective way to do this

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44219120042
Uncontrolled Keywords: komunikasi antarpribadi, komunikasi pendidikan, guru, anak kebutuhan khusus, interaksi sosial Interpersonal Communication, Educational Communication, teacher, special need students, social interaction
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: FHADHILAH SHAFA ARISTA
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:11
Last Modified: 05 Feb 2025 03:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93912

Actions (login required)

View Item View Item